Buat db e-Faktur Baru Error ETAX-10001 : Error Database

Database e-faktur merupakan salah satu komponen terpenting dan vital. Tanpa database e-faktur kita tidak akan dapat mengoperasikan aplikasi e-faktur. Semua data yang sudah kita input baik data faktur pajak masukan, faktur pajak keluaran, retur, dokumen lain akan tersimpan dalam database.

Sedikit cerita saja, kemrin ada wajib pajak yang mengalami permasalahan terkait SPT Masa PPN di aplikasi e-faktur. Ketika akan membuat pembetulan ternyata terdapat notifikasi "SPT sudah pernah diposting, ingin melanjutkan posting sebelumnya? Pilih 'NO' untuk posting dari awal (posting baru)" dan dipilihnya "NO". Yang terjadi adalah SPT Masa PPN normal terhapus.
Baca juga : Cara Pembetulan SPT Masa PPN
Dengan kejadian tersebut secara otomatis pembetulan yang akan dilakukan wajib pajak tidak sesuai dengan urutan SPT Masa PPN karena SPT Normal-nya sudah terhapus. Faktur-faktur pajak tambahan (pembetulan) juga sudah terlanjut terinput.

Akhirnya untuk mengembalikan SPT Masa PPN Pembetulan 0 kita harus membuat database baru dan melakukan eksport impot data faktur pajak sesuai urutan. Untuk penjelasan terkait solusi SPT Masa PPN Normal yang terhapus akan saya bahas di artikel berikutnya.


Buat db Baru Error ETAX-10001

Nah pembahasan intinya ada di sini. Ketika membuat db e-faktur baru (masuk menu File - Administrasi DB) dan db baru berhasil terbuat, lalu akan Konek ke Database ternyata error. Muncul error "ETAX-10001 : Error Database, Tidak Dapat Mengakses Database".

Padahal db berhasil terbuat, konek ke database default "Etaxinvoice" juga berhasil. Kenapa berulang kali kone ke db baru selalu muncul error ETAX-10001 : Error Database, Tidak Dapat Mengakses Database?
Baca juga : Cara Menambah Database e-Faktur
Jika anda mengalami error seperti yang saya alami, silahkan cek "nama" database baru yang anda buat. Ternyata db e-faktur yang saya buat namanya tidak sesuai dengan ketentuan e-faktur. Saya menambahkan nama db tersebut dengan "/" (lihat gambar).

Akhirnya, setelah saya hapus tanda "/" database baru bisa terkoneksi.

Dengan adanya tanda tersebut tidak dapat konek ke database. Bagi anda yang akan membuat database e-faktur baru buatlah nama tanpa tanda/karakter khusus atau yang normal saja. Demikian semoga bermanfaat.
Buat db e-Faktur Baru Error ETAX-10001 : Error Database Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment