Solusi e-Filing Error Upload File CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object

Untuk lapor SPT secara e-Filing di DJPOnline, DJP memberikan fasilitas isi SPT di DJPOnline, e-Form dan dengan upload file CSV. Khusus untuk e-Filing upload file CSV anda harus create file CSV dari aplikasi eSPT dan/atau e-faktur untuk SPT Masa PPN 1111.

Untuk saat ini SPT atau file CSV yang dapat dilaporkan dan diupload di DJPOnline adalah
  • SPT Tahunan OP (1770) / F1132160115
  • SPT Tahunan OP S (1770 S) / F1132180115
  • SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) / F1132041009
  • SPT Masa PPh Pasal 21/26 / F1132010413
  • SPT Tahunan PPh Badan (1771) / F1132140111
  • SPT Masa SPT PPN dan PPnBM 1111 / F1232040111

Baca juga : Solusi File CSV eSPT PPh 23 Terbaca Nihil Saat DIlaporkan

Namun, beberapa minggu ini banyak wajib pajak yang mengalami error saat upload CSV di DJPOnline. Saat e-Filing upload CSV DJPOnline, Error "Pesan Kesalahan Upload Object Object". Kebanyakan error terjadi pada file CSV SPT Masa PPN 1111, tetapi baru-baru ini SPT Tahunan PPh OP dan Badan 1771 pun ikut-ikutan error Pesan Kesalahan Upload object Object.

Solusi e-Filing Error Upload File CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object
Upload CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object

Untuk penyebab munculnya error "Pesan Kesalahan Upload Object Object" saya belum mengetahui secara pasti sehingga saya selalu menyarankan bagi anda untuk lapor secara langsung ke KPP. Luh padahal kan sudah wajib e-Filing Mas? Tenang, disini terdapat solusi yang bisa anda terapkan jika mengalami error "Pesan Kesalahan Upload object Object" saat upload file CSV.

Baca juga : Tanda Terima e-Filing Tidak Terkirim ke email

Meskipun 100% belum tentu berhasil setidaknya kita sudah berusaha agar dapat menunaikan kewajiban sebagai wajib pajak yang taat.
  1. Sebelum anda upload file CSV di DJPOnline alangkah baiknya untuk menghapus atau clear chace pada browser yang anda gunakan. Silahkan tekan tombol CTRL + Shift + Del, hapus chace dari awal/semua waktu.
  2. Cara pertama tetap belum bisa masih muncul error Pesan Kesalahan Upload Object Object. Masih ada yang lain, silahkan anda gunakan browser mode privat atau Incognito. Untuk browser google chrome tekan CTRL + Shift + N atau pada pojok kanan atas (bagian setting) pilih New Incognito Window.
  3. Apabila dengan browser mode Incognito tetap belum bisa, masih muncul error Pesan Kesalahan Upload Object Object silahkan anda coba dengan ganti browser lain. Bisa juga dengan install browser yang belum pernah digunakan DJPOnline.

Baca juga : Tips Sederhana Saat Lapor eSPT

Solusi e-Filing Error Upload File CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object
Instagram @ditjenpajakri

Anda juga bisa lapor SPT melalui ASP (Application Service Provider) yg ditunjuk DJP. ASP resmi yang menjadi partner DJP adalah Online-pajak.com, eform.bri.co.id, Spt.co.id, dan Pajakku.com. Silahkan pilih ASP yang menurut anda mudah untuk diikuti dan juga tentuya free tanpa biaya.

Demikian solusi yang bisa anda terapkan, semoga berhasil dan bermanfaat.
Solusi e-Filing Error Upload File CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

11 comments:

Taxer said...

Langkah² diatas sdh dilakukan kecuali no. 3 tapi tetap belum bisa aploud file csv dengan keterangan sama " kesalahan aploud " apakah permasalahan ini sdh ada solusi nya ?

Triwibowo said...

@Taxer : dengan langkah 1-3 kmrin ada beberapa yang sudah bisa. Tapi ada juga yg masih gagal sehingga solusi terakhirnya harus datang ke kpp.

Boleh dicoba untuk yg nomer 3..

W Ward said...

kalau upload csv spt nihil terdeteksi LB itu masalahnya apa ya? sptnya padahal sudah bener nihil..

FER VID said...

Solusi e-Filing Error Upload File CSV Error Pesan Kesalahan Upload Object Object

Mungkin ini bisa membantu.

1. Buka aplikasi e-spt nya
2. buka di menu utility - profil wajib pajak
3. Isi semua kolom yang ada meskipun tidak ada tanda bintang merahnya. kalau tidak tahu apa yg harus di isikan, beri nilai 0 atau lainnya. pokoknya tidak kosong
4. create csv ulang
5. Silahkan lapor online

Triwibowo said...

@W Ward : beberapa hari banyak atas kasus tersebut pak, akhirnya harus lapor langsung ke KPP pak.

Triwibowo said...

@FER VID : terima kasih pak, bisa saya jadikan referensi, dan juga buat rekan-rekan. Bagi rekan yang sedang mengalami error bisa dicoba solusi dari rekan FER VID.

Muallimah Satiti Pua Geno said...

langsung lapor kpp pun gak ada solusi.. ga mau terima lapor manual. kan sedih. masak disuruh nyoba terus sampe bisa. padahal apload kagak bisa muluk. laporan csv tidak diterima gara2 transkrip yg ada stempel "tidak untuk dilaporkan" tidak nampak di aplikasi viewer mereka. Padahal sy jg bnyk kerjaan..masak ngurusin ini melulu.. lapor kring pajak.. dilempar kesana kemari. capek sy cerita masalahnya.

Ragil yudhistira said...

solusi yang di sampaikan saudara FER VID tidak berhasil min

mariswari said...

saya telpon ke kring pajak, tidak mendapatkan solusi. masih tetap error. saya datang ke kpp solusinya malah diminta input ulang di database baru. saya ikuti saran tsb saya input ulang semua. namun tetap saja ada pesan kesalahan upload object object.. lalu saya harus bagaimana ya ? saya speechless dengan DJP ini.. sedih luar biasa

Triwibowo said...

@ragil yudhistira dan mariswari : coba rekan coba untuk clear chace browsernya dari awal. Biar error yang sebelumnya hilang dahulu. Setwlah utu coba lagi. Apakah sudah dicoba?

Triwibowo said...

Bisa juga rekan coba dengan mode incognito

Post a Comment