Hati-Hati Web Palsu Mengatasnamakan DJPOnline

Baru-baru ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan wajib pajak dikejutkan adanya email yang dikirimkan ke beberapa wajib pajak dengan mengatasnamakan Dirjen Pajak. Tetapi, email tersebut bukan resmi dari DJP, melainkan ulah dari oknum yang motifnya mungkin ingin memanfaatkan data wajib pajak.

Email tersebut berisi ajakan untuk verifikasi ulang akun DJPOnline sebelum tanggal  7 Mei 2018. Di dalam email tersebut disebutkan bahwa sistem e-Filing sedang mengalami gangguan internal sehingga sebagian besar data wajib pajak hilang. Link DJPOnline-pun juga disematkan di dalam email tersebut.

Hati-Hati Web Palsu Mengatasnamakan DJPOnline
e-mail palsu dari alamat surel palsu. Dokumentasi : Diskusi Perpajakan

Tidak hanya itu, ternyata DJPOnline juga dibuat sama persis tampilannya, tetapi alamatnya berbeda. Lihat gambar berikut ini, tampilan DJPOnline dengan alamat web palsu atau tiruan.

Hati-Hati Web Palsu Mengatasnamakan DJPOnline
Alamat web Palsu. Dokumentasi : Instagram @ditjenpajakri

Apabila rekan-rekan semua mendapatkan email seperti di atas, tidak perlu anda tanggapi karena email tersebut palsu atau tidak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu jika menemukan alamat web yang tampilannya mirip dengan djponline.pajak.go.id tetapi alamatnya beda silahkan abaikan saja.

Jangan tergiur solusi cepat atau error terus menerus, karena jika data pajak anda sudah dibajak, dapat timbul masalah dikemudian hari. Demikian himbauan dan informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menjadikan anda lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi pajak online.
Hati-Hati Web Palsu Mengatasnamakan DJPOnline Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment