Penyebab Faktur Pajak Masukan Double Upload

Beberapa wajib pajak mengeluhkan adanya Faktur Pajak Masukan yang terupload dua kali atau double upload. Padahal secara sistem e-faktur, semua faktur pajak baik faktur pajak masukan, faktur pajak keluaran, dokumen lain hanya dapat dilakukan sekali upload. Apabila faktur pajak dipaksakan untuk diupload lagi, maka status faktur seharusnya akan “reject” error ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar.

Baca juga : Rekam Faktur Pajak Masukan Error ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar

Namun, sisi lain ada juga wajib pajak yang mengalami permasalahan saat upload faktur pajak masukan. Yaitu faktur pajak masukan double upload, dan kedua duanya sukses upload. Mungkin anda juga sedang mengalami masalah yang sama, faktur pajak masukan double upload. Pada akhirnya menyebabkan penghitungan pajaknya tidak sesuai, karena faktur pajak masukan ada yang double.

Saya tidak akan membahas mengenai solusi faktur pajak masukan yang sukses double upload karena sudah saya bahas sebelumnya.

Baca juga : Solusi Pajak Masukan Double Approval Sukses

Faktur Pajak Masukan Double Upload
efakturespt.com

Tetapi saya akan memberikan informasi mengenai penyebab faktur pajak masukan double upload. Informasi ini saya dapatkan dari group diskusi perpajakan. Adapun penyebab faktur pajak masukan double upload adalah

  • Adanya perubahan algoritma hashing data menjadi sha512. Konsekuensinya performa aplikasi menjadi lambat dan kebutuhan memory (RAM) menjadi meningkat.
  • Perubahan algoritma tersebut memberikan efek lain yaitu chace memory yang menjadi alat bantu untuk meletakkan validasi aplikasi e-faktur khususnya pada saat impor menjadi penuh. Jika memory chace penuh maka validasi aplikasi e-faktur tidak bekerja.
  • Validasi e-faktur hanya dipasang di sisi aplikasi, sedangkan di database khususnya yang memuat data faktur tidak dipasang unique constraint sehingga menyebabkan data ganda bisa saja masuk ke database jika validasi aplikasi terlewati.

Penyebab Cache Memory Cepat Penuh

Salah satu penyebab faktur pajak masukan double upload karena cache memory penuh. Beberapa penyebab cache memory penuh, antara lain

  • Apabila aplikasi e-faktur jarang anda tutup/dimatikan menyebabkan penumpukan cache memory, yang lambat laun akan mengganggu kinerja aplikasi e-faktur sehingga aplikasi e-faktur semakin lambat.
  • Data e-faktur yang anda input dalam jumlah besar. Jika anda sehari input ribuan faktur pajak maka cache memory yang terbentuk juga besar.
  • RAM yang anda alokasi untuk mengoperasian aplikasi e-faktur sangat kecil. Untuk memnambah alokasi RAM pada aplikasi e-faktur silahkan anda baca link di bawah ini.
Jika anda mengalami faktur pajak masukan sukses double upload, silahkan lakukan solusi seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, link ada di atas. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Faktur Pajak Masukan Double Upload"

Post a Comment

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel