e-Faktur Error ETAX-40001, Cek Sertifikat Elektronik e-Faktur

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan yang berkaitan dengan error e-faktur "ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server, Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service" dan terkadang solusi-solusi yang telah disebutkan sebelumnya tidak berhasil.

Pada umumnya, ketika wajib pajak mengalami error e-faktur ETAX-40001 yang harus dicek terlebih dahulu adalah

  • koneksi internetnya (pastikan tersambung dengan jaringan internet)
  • Pengaturan Firewall di PC atau Laptop (pastikan off terlebih dahulu)
  • Antivirus. Terkadang antivirus yang digunakan pada PC atau laptop menghalangi koneksi internet pada aplikasi e-faktur.
  • Patch ulang sertifikat elektronik di aplikasi e-faktur.
  • Memang karena server e-faktur (DJP) sedang maintenance
efaktur error ETAX 40001 Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server, Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service"
e-Faktur error ETAX 40001

Ternyata semua solusi yang telah disebutkan di atas tidak membuahkan hasil padahal server e-faktur dalam keadaan running. Cara Cek Server e-Faktur Sedang Offline atau Tidak.

Bagi anda yang pertama menggunakan aplikasi e-faktur pastinya juga bingung, solusi-solusi tersebut sudah diterapkan, masih saja muncul error "ETAX-40001 Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server, Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service".

Seperti yang saya alami dengan rekan saya, mencoba berbagai carapun tidak berhasil. Sampai pada akhirnya meminta wajib pajak untuk mengganti laptop yang lain. Hasilnyapun juga nihil masih saja muncul error ETAX-40001.

Tetapi, beberapa jam mencari solusinya ternyata e-faktur error ETAX-40001 disebabkan oleh sertifikat elektronik yang sudah kadaluarsa. Dari awal memang kami tidak terpikirkan akan masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur.

Baca juga : Cara Mengetahui Masa Berlaku Sertifikat Elektronik e-Faktur

Setelah dicek ternyata, benar saja sertifikat elektronik e-faktur sudah kadaluarsa dan harus dilakukan pembaharuan. Untuk cara memperbaharui serifikat elektronik silahkan baca syarat dan cara pada link di bawah ini.

Baca juga : Cara Memperbaharui Sertifikat Elektronik Yang Expired

Akhir kata, apabila rekan-rekan mengalami error ETAX-40001 tetapi solusi solusi yang biasanya telah dilakukan namun tidak membuahkan hasil langsung saja cek masa berlaku sertifikat elektronik. Perlu dicek juga server e-faktur dalam keadaan berjalan normal (running). Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "e-Faktur Error ETAX-40001, Cek Sertifikat Elektronik e-Faktur"

  1. Punya Saya error dari senin 29 0ktober smpai hari ini 3 november masih error. Ini server yang bermasalh atau apa ya mas?

    ReplyDelete
  2. sama mas.. punya saya juga error sampai hari ini
    bingung apa yang salah, padahal koneksi stabil

    ReplyDelete
  3. Saya juga error hari ini,ada masalah apa ya ?

    ReplyDelete
  4. Sama ini juga error, tidak bisa buat start uploader

    ReplyDelete
  5. server sedang maintenance ya pak?

    ReplyDelete
  6. Pak bagaimana cara bisa lapor dan bayar ppn yg sdh diupload sebagian dahulu? Karena ppn belum dibayarkan pihak customer, terima kasih

    ReplyDelete
  7. Jangan koneksi internet WP aja yang disoroti, tapi kalo bisa Server DJP yang harus diperbesar ( jangan yang kw....... )

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel