Lampiran III eSPT PPh Badan Kredit Pajak Dalam Negeri Tidak Bisa Ubah dan Hapus

Saat input data pada aplikasi eSPT terutama eSPT Tahunan PPh Badan, tidak lepas dari sebuah kesalahan. Ketika telah selesai input dan dilakukan pengecekan setiap lampiran eSPT PPh Badan terkadang baru ditemukan adanya kesalahan input.

Terkadang, kesalahan input sangat sepele, misalnya pergeseran angka hanya satu digit. Akibatnya hasil akhir SPT tidak sesuai atau unbalance.

Nah, apabila terjadi kesalahan input hal yang pertama harus anda lakukan adalah merubah data atau menghapus lalu input kembali. Tergantung support aplikasi, bisa diubah ya langsung saja ubah sesuai dengan data yang sebenarnya.

Tidak untuk aplikasi eSPT PPh Badan, tepatnya pada lampiran III Kredit Pajak Dalam Negeri. Terdapat kesalahan input yang mengharuskan untuk diubah dan/atau dihapus.

Lampiran III eSPT PPh Badan Kredit Pajak Dalam Negeri Tidak Bisa Ubah dan Hapus

Saat menghapus salah satu data pada lampiran III Kredit Pajak Dalam Negeri eSPT PPh Badan, ternyata tidak bisa/gagal. Keterangannya sudah berhasil terhapus, namun data tidak terhapus (masih lengkap). Tidak hanya itu saat akan dirubah-pun tidak bisa.

Apabila anda mengalami kendala yang sama saat akan hapus dan/atau ubah data pada lampiran III Kredit Pajak Dalam Negeri eSPT PPh Badan, solusi yang harus anda lakukan adalah menggunakan aplikasi eSPT PPh Badan 2009 (aplikasi lama).

Saat ini anda menggunakan aplikasi eSPT PPh Badan 2010 full patch 1.2 (terbaru), maka anda harus menggunakan versi sebelumnya yaitu eSPT PPh Badan 2009.

Pertama, ambil database eSPT PPh Badan. lokasi database eSPT PPh Badan ada di

  • Windows 32 bit : C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010\Database
  • Windows 64 bit : C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010\Database
Lampiran III eSPT PPh Badan Kredit Pajak Dalam Negeri Tidak Bisa Ubah dan Hapus

Pastikan database yang anda ambil atau copy adalah database yang digunakan pada aplikasi eSPT. Terkadang database eSPT PPh Badan masuk pada virtual store. Untuk mengecek database pada virtual store silahkan baca link di bawah ini
Agar database eSPT tidak masuk virtual store, Control Panel - User Accout Control Settings (UAC) pilih Never Notify


Kedua, setelah anda mendapat database eSPT PPh Badan langsung download sekaligus instal aplikasi eSPT PPh Badan 2009 (lama). Download eSPT PPh Badan 2009 pada laman resmi pajak.go.id
http://www.pajak.go.id/content/aplikasi/10112/espt-tahunan-pph-badan-2009-1771-rupiah-versi-10

Pada PC/laptop anda akan terdapat 2 hasil instal eSPT PPh Badan Versi terbaru (2010 V 1.2) dan lama (2009 V 1.0).

Ketiga, setelah berhasil instal, langkah selanjutnya adalah koneksi database eSPT PPh Badan Baru (yang anda lakukan pada langkah pertama) ke eSPT PPh Badan 2009 (lama). Agar database dapat terbaca oleh aplikasi eSPT, anda harus setting ODBC terlebih dahulu. Berikut caranya,

Baca juga : Setting ODBC Menambah Database eSPT PPh Badan

Keempat, setting ODBC berhasil dan database sudah terbaca di aplikasi eSPT PPh Badan 2009. Pada aplikasi eSPT PPh Badan 2009, silahkan anda ubah dan/atau hapus data pada lampiran III Kredit Pajak Dalam Negeri.

Menggunakan aplikasi eSPT PPh Badan lama, InsyaAllah data pada lampiran III Kredit Pajak Dalam Negeri dapat anda ubah atau hapus. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Lampiran III eSPT PPh Badan Kredit Pajak Dalam Negeri Tidak Bisa Ubah dan Hapus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel