Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Cek Kadaluarsa Sertifikat Elektronik Pajak

Cara Cepat Cek Kadaluarsa Sertifikat Elektronik Pajak


Sertifikat elektronik pajak adalah sertifikat yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Fungsi sertfikat elektronik pajak sendiri adalah sebagai otentifikasi pengguna layanan perpajakan secara elektronik/online yang telah disediakan oleh DJP. Pada sertifikat elektronik pajak memuat passphrase, yaitu serangkaian angka dan/atau huruf dan/atau karakter tertentu yang digunakan untuk instalasi sertifikat elektronik.

Sertifikat elektronik pajak memiliki masa berlaku selama 2 tahun dan dapat dilakukan perpanjangan secara berkala sesuai dengan ketentuan.

Baca juga : Syarat Pengajuan Sertifikat Elektronik Bagi Non PKP

Bagi wajib pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP), sertifikat elektronik wajib dimiliki karena sebagai sarana untuk memanfaatkan layanan perpajakan seperti menggunakan aplikasi e-faktur, permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP), dan e-Bupot.

Karena sertifikat elektronik memiliki masa berlaku, ada kalanya wajib pajak lupa bahwa sertifikat elektronik masuk masa kadaluarsa. Akibatnya seluruh proses layanan perpajakan online seperti upload e-faktur pajak akan mengalami reject dan tidak bisa mengajukan permintaan NSFP.

Baca juga : Cara Cepat Cek EFIN PKP

Oleh karena itu, anda perlu melakukan cek masa berlaku sertifikat elektronik untuk mengantisipasi error akibat terlambat diperpanjang. berikut cara cepat cek kadaluarsa sertifikat elektronik pajak.

1. Silahkan gunakan browser Mozilla Firefox, Google Chrome atau lainnya. Lalu buka alamat efaktur.pajak.go.id, login dengan memasukkan NPWP tanpa tanda baca dan password enofa.

2. Pada menu utama enofa online, klik download sertifikat digital. Kemudian akan muncul informasi dari DJP mengenai persyaratan dan ketentuan penggunaan sertifikat elektronik. Klik OK untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Baca juga : Cara Lain Cek Masa Berlaku Sertifikat Elektronik

3. Apabila tombol OK tidak muncul pada halaman dekstop, silahkan zoom out atau kecilkan tampilan.

4. Setelah klik OK, akan muncul informasi mengenai masa berlaku sertifikat elektronik. Apabila telah kadaluarsa anda dapat mengajukan perpanjangan sertifikat elektronik secara online.

Baca juga : Cara Perpanjang Sertifikat Elektronik Online

Pengajuan perpanjangan sertifikat secara online dapat dilakukan melalui enofa online. Anda tinggal mempersiapkan data-data seperti NPWP, KTP, nomor telepon/HP, dan alamat email yang terdaftar di akun pajak. Nantinya, petugas pajak akan memverifikasi data-data anda.

Post a comment for "Cara Cepat Cek Kadaluarsa Sertifikat Elektronik Pajak"