Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Syarat dan Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak Jumlah Tertentu

Syarat dan Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak Jumlah Tertentu

Nomor Seri Faktur Pajak atau sering disingkat NSFP adalah nomor seri yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP) dengan mekanisme tertentu untuk penomoran faktur pajak yang berupa kumpulan angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf yang ditentukan oleh DJP.

PKP dapat mengajukan permintaan NSFP secara online melalui website enofa online atau langsung menyampaikan surat permohonan NSFP kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP dikukuhkan.

Baca juga : Cara Minta NSFP Secara Online

NSFP hanya diberikan kepada PKP yang telah memenuhi syarat, yaitu memiliki kode aktivasi dan password, telah mengaktivasi akun PKP dan telah melaporkan SPT Masa PPN 3 masa pajak terakhir yang telah jatuh tempo secara berturut-turut pada tanggal PKP mengajukan permintaan NSFP.

Bagi anda PKP yang baru saja dikukuhkan sebagai PKP, telah mengalami peningkatan usaha, dan melakukan pemusatan tempat PPN terutang dapat mengajukan NSFP dengan jumlah tertentu.

PKP dapat mengajukan permintaan NSFP dengan jumlah tertentu secara langsung kepada KPP tempat PKP dikukuhkan dengan cara menyampaikan surat Permintaan NSFP dengan jumlah tertentu. Permintaan NSFP jumlah tertentu tidak dapat dilakukan secara online sebagaiman diatau dalam SE-08/PJ/2020 tentang Tata Cara Penyelesaian Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak.

Download : SE-08/PJ/2020 Beserta Formulir Lampiran

Perlu diperhatikan juga, bahwa saat menyampaiakan surat permintaan NSFP jumlah tertentu harus terisi lengkap dan dibubuhi tanda tangan Wajib Pajak bersangkutan atau pengurus. Petugas khusus di KPP akan menerima sekaligus meneliti surat permintaan NSFP.

Apabila surat permintaan NSFP dengan jumlah tertentu telah lengkap dan memenuhi syarat, petugas khusus di KPP akan memproses permintaan NSFP sesuai dengan ketentuan.

Baca juga : Contoh Surat Permintaan Database e-Faktur ke KPP

Ketika surat permintaan NSFP dengan jumlah tertentu ternyata tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat, maka petugas khusus di KPP akan mengembalikan surat tersebut.

Jumlah NSFP yang diberikan kepada PKP yang surat permintaan NSFP dengan jumlah tertentu telah disetujui adalah sejumlah permintaan NSFP yang telah diajukan.

Baca juga : Solusi Gagal Minta NSFP di Enofa Online

Jangka waktu penyelesaian permintaan NSFP dengan jumlah tertentu adalah pada hari kerja yang sama setelah berkas permintaan diterima lengkap oleh petugas petugas khusus di KPP.

Post a Comment for "Inilah Syarat dan Cara Minta Nomor Seri Faktur Pajak Jumlah Tertentu"