Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Investasi Modal Kecil Namun Menguntungkan

jangan takut investasi. inilah 5 investasi modal kecil namun mengungtungkan
Source : pexels.com

Ketika mendengar kata investasi, yang terpikir di pikiranmu pasti sesuatu yang memerlukan modal besar dan bursa saham. Padahal, tidak semua jenis investasi membutuhkan modal besar, lho. Hanya dengan modal kecil, kamu sudah bisa memperoleh keuntungan dari investasi. Ada berbagai jenis investasi modal kecil yang akan memberimu keuntungan yang menggiurkan.

Saat ini ada beberapa platform yang menawarkan beragam jenis investasi dengan nilai modal minimal Rp100.000,- saja. Meski bermodal kecil, bunga yang ditawarkan cukup menggiurkan, yaitu antara 6% hingga 21% per tahun. Dengan demikian, kamu yang memiliki modal kecil tetap dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan dana yang dimiliki.

Berikut ini jenis-jenis Investasi Modal Kecil yang dapat membawa keuntungan jika kamu menekuninya dengan baik.

Baca juga : 7 Tips Sukses Bebas Finansial Sejak Dini

1. Emas Batangan

Investasi dalam bentuk emas batangan dapat menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki modal kecil. Saat ini, emas batangan tersedia dalam ukuran kecil 1 gr. Harga emas tersebut sekitar satu juta rupiah. Dengan begitu, kamu tidak perlu menabung lama untuk memilikinya.

Jenis investasi ini cukup menguntungkan karena harga emas cenderung mengalami peningkatan setiap tahun, meski tergolong fluktuatif. Untuk memperoleh keuntungan yang besar dari investasi ini, kamu harus menjualnya dalam waktu yang tepat, yaitu saat harga emas naik. Keuntungan lain dari investasi emas adalah lebih aman dan risikonya rendah. 

Investasi ini dikatakan aman karena kamu tidak perlu pihak ke-3 yang bertugas mengelola modalmu. Di samping itu, selama kamu membeli emas dari pihak yang terpercaya, kamu pasti akan memperoleh emas asli. Selain itu, risiko investasi emas batangan tergolong rendah karena fluktuasi harga emas dapat dengan mudah diketahui melalui berbagai platform.

2. Deposito Berjangka

Alternatif investasi lain untuk kamu yang memiliki modal kecil adalah deposito berjangka. Jenis investasi ini berisiko sangat rendah karena dijamin oleh LPS. Deposito berjangka sangat cocok untuk kamu yang tidak berani mengambil risiko tinggi dalam investasi.

Dengan modal yang relatif kecil, kamu sudah bisa memiliki deposito berjangka. Kamu dapat memilih jangka waktu 12 bulan atau 6 bulan. Setelah waktu tersebut, kamu dapat mengambil dana depositomu beserta bunganya.

Baca juga : Apa Itu NPWP? Berikut Cara Daftarnya

Dari investasi ini, kamu akan memperoleh bunga yang lebih tinggi daripada bunga tabungan. Bunga ini biasanya fluktuatif tergantung pada nilai bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Agar depositomu lebih aman, pastikan kamu membuatnya di bank yang benar-benar terpercaya.

3. P2P Lending

Apakah yang dimaksud dengan P2P lending? Peer to peer lending atau sering disingkat P2P lending adalah salah satu jenis pendanaan. Dalam sistem investasi ini, kamu menginvestasikan sejumlah uang pada sebuah platform P2P lending. Melalui platform ini juga, mereka yang membutuhkan dana akan meminjam dana yang kamu investasikan.

Dari investasi tersebut, kamu akan memperoleh pengembalian modal yang cukup menguntungkan. Hal ini karena imbal hasil yang diperoleh dapat mencapai sekitar 21% per tahun. Imbal hasil ini berasal dari bunga hutang yang dibayarkan oleh para peminjam. 

Untuk bisa berinvestasi dalam P2P lending, kamu tidak memerlukan banyak modal. Hanya dengan uang senilai Rp100.000,- saja, kamu sudah bisa bergabung dengan platform ini. Ketika memilih platform P2P lending, pastikan bahwa platform tersebut menawarkan proteksi 100% kepada para pendananya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir uangmu akan hilang.

4. Reksa Dana

Jenis investasi ini cukup populer di kalangan masyarakat umum ataupun investor berpengalaman. Salah satu alasannya yaitu investasi ini tidak membutuhkan nilai modal yang besar. Beberapa platform reksa dana menetapkan minimal investasi sebesar Rp100.000. Bahkan, ada juga reksa dana yang menetapkan minimal investasi sebesar Rp50.000 saja.

Bunga investasi yang ditawarkan oleh platform yang satu berbeda dengan platform yang lain. Imbalan dari investasi ini nantinya akan dikalikan dengan nilai investasi dan masa tenor. Risiko investasi tersebut cukup tinggi, namun kamu tidak perlu terlalu memikirkannya. Perusahaan reksa dana memiliki manajer investasi yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Dengan begitu, modal investasimu dikelola oleh orang yang tepat dan tahu apa yang perlu dilakukan. Akan tetapi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu sebaiknya memilih perusahaan reksa dana yang benar-benar terpercaya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan layanan proteksi yang ditawarkan serta terms and services yang ditetapkan perusahaan tersebut.

5. Investasi Property

Siapa bilang investasi property membutuhkan modal yang sangat besar? Kini, kamu dapat melakukan investasi property dengan modal yang relatif kecil melalui crowdfunding ataupun pembelian saham. Beberapa perusahaan yang menangani crowdfunding atau saham ini mengharuskan investor untuk menanam modal minimal 1% dari total harga properti.

Dana investasi yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membangun gedung perkantoran, hunian, dan bahkan pabrik. Nantinya, penanam modal akan memperoleh dividen atau pembagian hasil yang telah disepakati bersama ketika membeli saham.

Jangan Takut Investasi!

jangan takut investasi. inilah 5 investasi modal kecil namun mengungtungkan
Source : pexels.com

Beberapa orang merasa takut untuk melakukan investasi karena mereka menganggap bahwa investasi terlalu berisiko. Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko yang ada karena beberapa hal dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko tersebut.

Salah satunya adalah dengan selektif dalam memilih platform atau perusahaan investasi. Pilihlah perusahaan yang benar-benar terpercaya, profesional, dan sudah berpengalaman agar danamu dikelola dengan baik. Sehingga, kamu dapat mengurangi risiko kerugian ataupun ditipu.


Di samping itu, sebaiknya kamu menginvestasikan modalmu pada beberapa jenis investasi. Sehingga, jika salah satu investasi tersebut ternyata kurang menguntungkan, kamu masih memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari investasi lainnya.

Investasi modal kecil sangat cocok bagi kamu yang memiliki sedikit modal atau kamu yang ingin belajar investasi. Pada dasarnya, risiko investasi ini tidak terlalu besar karena modalnya yang kecil. Meski demikian,  keuntungan dari investasi tersebut dapat membantumu memperoleh imbal hasil yang cukup memuaskan jika dilakukan dengan benar.

Post a comment for "5 Investasi Modal Kecil Namun Menguntungkan"