Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Juli 2019, Direktur Jenderal Perbendaharaan telah menerbitkan keputusan Penunjukan PT Tokopedia Sebagai Lembaga Persepsi Lainnya Yang Melaksanakan Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik. Dengan demikian pembayaran pajak semakin dipermudah dengan hadirnya Tokopedia yang secara resmi ditunjuk sebagai Lembaga Persepsi.

Bagi anda yang sering berbelanja online tidak asing lagi dengan marketplace Tokopedia dimana berbagai jenis barang tersedia di sana. Tidak perlu melebar kemana mana, langsung saja menuju ke poin utama yaitu cara bayar pajak lewat tokopedia. Setelah saya mencoba melakukan pembayaran pajak melalui Tokopedia caranya sangat mudah.

Di Tokopedia anda bisisa bayar semua pajak yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), seperti PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPh 25, PPh 26, PPh 29, PPh Final.

Sebelum anda bayar pajak, yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah buat kode billing. Kode biling dapat anda buat melalui DJP Online dan SSE3.

Baca juga : Buat Kode Billing dengan SSE3

Silahkan anda kunjungi Tokopedia, dapat melalui aplikasi Tokopedia di smartphone atau web. Berikut ini saya mambuat tutorial cara bayar pajak melalui aplikasi tokopedia smartphone. Buka kategori Top Up & Tagihan. Pilih Layanan Pemerintah - Penerimaan Negara.

Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Setelah itu, pada bagian Pilih Produk Penerimaan Negara pilih Pajak Online. Masukkan kode billing (terdiri dari 15 digit) yang telah anda buat sebelumnya. Pilih Bayar.

Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Setelah anda pilih bayar, akan muncul detail pembayaran pajak yang akan anda bayar mulai dari Nama, NPWP, Akun, Jenis Setoran, Masa Pajak, Alamat, dan Nominal. Apabila telah sesuai, langsung saja pilih Lanjut.

Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Langkah selanjutnya, anda tinggal memilih metode pembayaran yang menurut anda paling mudah san simpel, Pastikan pembayaran anda sukses hingga memperoleh bukti pembayaran (Invoice Pajak Online) dan memperoleh NTPN.

Baca juga : Solusi Buat Kode Billing Hasilnya Halaman Kosong

Transaksi yang sudah berhasil akan mendapatkan SMS yang berisikan NTPN. NTPN adalah nomor bukti transaksi penerimaan yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara (MPN).
Contoh SMS : Tokopedia - Transaksi Pajak Negara Anda sukses dengan NTPN 123456789112345678

Sudah melakukan sukses melakukan pembayaran tapi belum mendapatkan NTPN? Silahkan tunggu maksimal 1x24 jam hari kerja. Selanjutnya, akan dilakukan proses rekonsiliasi pada H+1 jam 9 pagi hari kerja berikutnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat FAQ Tokopedia dan sumber artikel di Tokopedia-Buat Kode Billing. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel