Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 7 Tips Sukses Bebas Finansial Sejak Dini

Ketahui 7 Tips Sukses Bebas Finansial atau financial freedom atau financial independence Sejak Dini
Source : pexels.com


Bebas finansial, yang kadang disebut financial freedom atau financial independence, menjadi impian hampir semua orang saat ini. Sayangnya, beberapa di antara mereka tidak dapat meraih financial goal ini dengan mudah. Jika kamu ingin segera merasakan kebebasan finansial, kamu perlu memahami apa itu kebebasan finansial dan mengetahui tips bebas finansial.

Apa itu Kebebasan Finansial?

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kebebasan finansial? Seseorang dikatakan memiliki financial independence ketika ia tidak terbebani dengan berbagai masalah keuangan, misalnya hutang. Ia yang telah bebas secara finansial memiliki penghasilan yang selalu mengalir. 

Selain itu, ia memiliki dana pensiun yang cukup banyak. Dengan demikian, ia tidak perlu mengkhawatirkan hari tua dan dapat melakukan pensiun dengan nyaman. Di samping itu, mereka juga memiliki investasi, cukup tabungan, serta uang tunai untuk memenuhi gaya hidup ataupun untuk membiayai kebutuhan darurat dalam jumlah besar. 

Tips Sukses Bebas Finansial

Dengan melihat makna tersebut, tak heran jika banyak orang tidak dapat memperoleh kebebasan finansial dengan mudah. Meski demikian, hal itu bukan berarti bahwa kamu tidak dapat mencapai financial independence. Dengan tips di bawah ini, kamu pasti akan meraih financial goal tersebut.

1. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Terlalu sering mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak diperlukan dapat mengganggu kestabilan keuangan. Sayangnya, masih banyak orang yang sering menghabiskan uang untuk alasan yang kurang tepat. Contohnya, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk berbelanja secara impulsif ketika sedang merasa tertekan atau cemas.

Akibatnya, uang mereka habis hanya untuk membeli sesuatu yang mereka suka, namun tidak penting. Contoh lainnya, beberapa orang lainnya suka mengeluarkan uang hanya untuk menyenangkan orang lain. 

Menyenangkan keluarga atau orang terkasih memang tidak salah. Namun, hal ini harus dilakukan secara bijaksana dan hanya pada waktu-waktu tertentu. Untuk bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, kamu harus bisa mengontrol dirimu sendiri. Selain itu,  kamu juga harus mencatat setiap pengeluaran tersebut agar kedepannya kamu dapat membatasinya. 

2. Buat Anggaran Bulanan

Salah satu usaha jitu untuk mencapai kebebasan finansial adalah cengan cara membuat anggaran bulanan. Perlu diingat bahwa anggaran ini harus dibuat berdasarkan pemasukanmu setiap bulan, bukan pengeluaranmu setiap bulan. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami besar pasak daripada tiang. 

Dengan membuat anggaran bulanan, kamu dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas keuanganmu. Perencanaan anggaran yang baik dapat membantumu terhindar dari hutang. Jika kamu sudah terlanjur memiliki hutang, perencanaan ini dapat membantumu melunasi hutang dengan lebih cepat. 

Setelah membuat anggaran, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran yang sebenarnya terjadi. Dengan demikian, kamu dapat melakukan evaluasi dan perubahan anggaran jika diperlukan.

3. Rajin Menabung

Tanpa memiliki tabungan, kamu tidak akan pernah bisa memiliki kebebasan finansial. Memiliki tabungan dalam jumlah yang cukup dapat menghindarkanmu dari berbagai masalah keuangan, yang dapat menghambat pencapaian financial independence. 

Tabungan dapat mencegahmu untuk berhutang, membantumu memenuhi kebutuhan mendadak, dan menjamin hari tuamu. Untuk bisa menabung, kamu perlu menyisakan penghasilanmu untuk ditabung setiap kali kamu membuat anggaran bulanan. 

Para penasehat keuangan menyarankan untuk menyisakan 10% hingga 15% dari penghasilan untuk ditabung. Kedisiplinan dalam menerapkan anggaran merupakan kunci sukses untuk bisa menabung setiap bulan. 


hati hati menggunakan kartu kredit atau credit card saat bertransakasi. Kiat sukses menuju financial freeedom
Source : pexels.com


4. Hati-Hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang menawarkan beberapa kenyamanan saat berbelanja. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Jika tidak berhati-hati, tagihan kartu kreditmu akan membengkak. Alhasil, kamu tidak akan bisa menabung dan bahkan akan terbebani oleh hutang.

Salah satu cara paling jitu untuk menghindari penggunaan kartu kredit adalah dengan berbelanja menggunakan uang cash atau kartu debit. Jika saat ini, kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, sebaiknya mulai menggunting kartu tersebut satu persatu agar kamu tidak bisa memakainya lagi.

5. Lunasi Hutang

Apabila saat ini kamu sedang terbebani oleh hutang, maka kamu harus segera membuat rencana untuk melunasinya. Dengan terbebas dari hutang, kamu dapat mencapai kebebasan finansial dengan lebih mudah. Bagi sebagian orang, melunasi hutang merupakan sesuatu hal yang tidak mudah untuk  dilakukan karena nominal hutang yang terlalu banyak.

Namun, dengan perencanaan keuangan yang baik, kamu dapat melunasi hutangmu pada waktunya. Jika penghasilanmu tak cukup untuk melunasinya, maka kamu harus mencari cara agar dapat memperoleh penghasilan tambahan.

6. Lakukan Investasi Secara Bijaksana

Jika kamu sudah memiliki tabungan dalam jumlah yang cukup dan bebas dari hutang, maka sebaiknya kamu menginvestasikan sebagian harta yang dimiliki. Investasi yang tepat akan membuat penghasilanmu mengalir setiap waktu.

Ketika memilih bentuk investasi yang akan dilakukan, jangan lupa untuk mempertimbangkan risikonya. Jika kamu tidak berani melakukan investasi berisiko tinggi, maka dapat memilih investasi berisiko rendah, misalnya investasi emas dan properti.

7. Sabar dan Berdoa

Kebebasan finansial merupakan hal yang tidak dapat terwujud secara instan. Perlu waktu beberapa tahun untuk memiliki dana pensiun, tabungan yang cukup, dan penghasilan yang terus mengalir. Oleh karena itu, kamu harus sabar dalam melakukan usaha-usaha untuk mencapai financial goal ini.

Jangan pernah putus asa jika usahamu gagal atau tidak segera membuahkan hasil. Agar usaha tersebut dapat memberi dampak yang efektif, jangan lupa untuk menyertainya dengan doa. Dengan begitu, kesabaranmu dan apa yang kamu usahakan tidak akan sia-sia dan dapat mencapai kebebasan finansial dengan sukses.

Baca juga : Cara Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Semoga tips bebas finansial di atas dapat secara efektif membantumu untuk mewujudkan kebebasan finansial yang kamu impikan. Jika masih merasa bingung dengan strategi atau usaha yang perlu dilakukan untuk memperoleh financial independence, kamu dapat meminta bantuan konsultan keuangan dalam melakukannya.

Post a comment for "Ketahui 7 Tips Sukses Bebas Finansial Sejak Dini"