Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Error ETAX-30029 (Nomor Faktur Tidak Benar) Pada e-Faktur

Pada kali ini saya akan membahas error ETAX-30029 (Nomor Faktur Tidak Benar) pada efaktur. Error ini muncul secara pastinya ketika anda akan membuat atau merekam Faktur Pajak baru. Waktu anda akan rekam faktur dan lanjutkan ternyata muncul error ETAX-30029. Tentunya anda bingung, anda perlu tenang dan saya akan berikan solusinya. Coba pertama anda lihat pada daftar etax Error-XXXXX yang sudah saya posting sebelumnya Tabel Kode Error ETAX. Dalam tabel tersebut anda periksa penyebabnya, yaitu nomor faktur yang diinput tidak sesuai dengan tanggal faktur, merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum direkam di aplikasi. Sedikit mengerti kan masalahnya dimana. Masih bingung? lanjut solusinya


Periksa Nomor Seri Faktur Pajak anda di menu Referensi-Referensi Nomor Faktur. Apakah sudah terinput nomor seri faktur yang baru? kalau belum, rekamlah nomor seri faktur anda yang baru. Kalau belum juga Ajukan Permohonan Nomor Faktur Online. Jika sudah merekam Nomor Seri Faktur Pajak mulailah anda merekam Faktur Pajak kembali.


Jika cara diatas masih belum bisa, coba lihat nomor faktur anda di field nomor seri faktur pada saat anda merekam faktur, apakah sudah mulai dari awal (Nomor Seri Faktur Pajak yang baru) atau masih tetap yang lama? Apabila masih tetap yang lama anda kurang satu langkah lagi yaitu mengupdate nomor seri faktur pajak di referensi. Masuk menu Referensi-Referensi Nomor Faktur. Hapus range faktur yang lama, tujuannya adalah agar nomor seri faktur pajak yang baru anda inputkan terupdate.


Setelah anda lakukan cara yang kedua atau terakhir, coba kembali untuk merekam Faktur Pajak. Apabila cara diatas anda lakukan secara berurutan maka akan berhasil. Semoga bermanfaat.

4 comments for "Solusi Error ETAX-30029 (Nomor Faktur Tidak Benar) Pada e-Faktur"

  1. maaf jadi sy musti minta enofa baru ya. yg lama gak kepake dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti tahun ganti NSFP kayaknya..meskipun yg lama masih banyak

      Delete
  2. maksdnya nomor seri ya? kalau 2018 sudah tidak bisa dipakai lagi di tahun 2019. Yang tidak terpakai di tahun 2018 silahkan untuk dikembalikan sesuai dengan form yang telah ditentukan DJP. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, may I know how to return the unused nomor faktur created for 2019?

      Delete