Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Aplikasi e-Faktur Lambat dan Loading Lama

Hambatan dan keluhan yang banyak dialami oleh wajib pajak dalam menggunakan aplikasi e-faktur saat ini adalah lambat dan loading yang lama. Proses aplikasi e-faktur sangat lambat bahkan terkadang ada yang force close atau tiba-tiba aplikasi e-faktur keluar dengan sendirinya. Sebenarnya saat menggunakan aplikasi e-faktur kita harus tahu spesifikasi laptop atau PC yang akan kita gunakan untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Hal itu sangat penting untuk performa aplikasi e-faktur.

Kecepatan akses aplikasi e-faktur atau suatu aplikasi dipengaruhi oleh Sistem Operasi yang kita gunakan (misal windows, MAC, ataupun linuk), kualitas prosessor, dan tentunya kapasitas memori atau RAM yang tersedia. Apabila laptop atau PC anda memiliki kualitas yang minimal, ya pasti akan sangat lambat ketika menggunakan aplikasi e-faktur.

Tidak sedikit yang saya temui jika wajib pajak bertanya terkait aplikasi e-faktur membawa laptop yang bisa dibilang minimalis.  Ketika aplikasi e-faktur dibuka loadingnya sangat lambat. Bisa-bisa membuat stress, yang lebih parah kalau jengkel bisa dibanting laptopnya. hehe

Perlu diketahui, dalam kinerjanya aplikasi e-faktur meminta 1/4 memory yang tersedia dalam laptop atau PC anda. Jadi menurut saya, hal itu wajar jika anda memiliki RAM 2GB tetapi aplikasi e-faktur masih lambat. Bayangkan saja selain terdapat aplikasi e-faktur masih ada aplikasi-aplikasi yang anda instal bahkan aplikasi-aplikasi kecil yang berjalan di laptop atau PC juga banyak memakan memory.

Solusinya, secara teori memang anda harus menambah kapasitas RAM bisa upgrade ke 4GB, menguninstal aplikasi-aplikasi yang memakan memory dalam jumlah besar atau clean up PC, dan tutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan terutama game.

Solusi Aplikasi e-Faktur Lambat

Untuk mengatasi atau setidaknya memberikan solusi untuk anda yang aplikasi e-fakturnya lambat tetapi tidak akan mengupgrade kualitas laptop atau PC DJP telah menyediakan cara lain. Cara ini tidak saya sarankan karena lebih baik anda upgrade kualitas laptop atau PC, karena akan lebih aman dan paten. Tetapi hal ini anda perlu tahu dan jika diterapkan ya monggo.

Cara saya bahas untuk mencari solusi aplikasi e-faktur yang lambat adalah dengan update mem_config.bat. mem_config.bat ini ada dalam folder aplikasi e-faktur, silahkan dicari. Sebenarnya kegunaan mem_config.bat secara pasti tidak begitu diketaui manfaatnya.

1. Buka Folder aplikasi e-faktur, cari file mem_config.bat. Kemudian double klik, dan akan menampilkan jendela command prompt. Pada jendela command prompt sudah berisi "Besar Maximum Memory yang digunakan dalam Megabyte? [kosongkan untuk autoset]. Artinya jika anda tidak setting atau autoset aplikasi akan memakan memory secara default. Lihat ilustrasi di bawah.
Aplikasi e-Faktur Lambat
Langkah 1, cari mem_config.bat
2. Lihat kursor di sebelah paling kanan (berkedip-kedip), isikan jumlah memory yang akan anda alokasikan untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Untuk penulisan memory dalam satuan megabyte misalnya 128, 256, 512, 1024, 1536, 2048). Untuk mengalokasikan memory, perhatikan juga RAM yang tertanam dalam laptop atau PC anda, jika anda menggunakan RAM 2GB, anda bisa mengalokasikan 512MB atau 1024MB. Lalu tekan Enter. Semakin besar kapasitas RAM yang ada maka semakin besar alokasi yang dapat anda berikan. Lihat ilustrasi di bawah. 
Aplikasi e-Faktur Lambat
Langkah 2. Mengalokasikan Jumlah Memory
3. Setelah anda setting jumlah memory, bisa anda baca keterangannya. Tinggal anda ketik Y untuk menjalankan aplikasi e-faktur dan ketik N jika tidak akan menjalankan aplikasi e-faktur. Apabila perubahan telah berhasil dilakukan setelah anda ketik Y maka aplikasi e-faktur akan terbuka. Perubahan ini tidak semua berhasil karena melihat sisa memory dalam laptop atau PC anda. Apabila tidak berhasil maka aplikasi e-faktur akan memakai minimal memory yang diperlukan. 

Catatan juga, apabila anda ingin aplikasi e-faktur kembali secara default atau memory default tinggal kosongkan (hapus pengalokasian) lalu tekan Enter. Demikian, semoga bermanfaat.

4 comments for "Solusi Aplikasi e-Faktur Lambat dan Loading Lama"

  1. config sdh di posisi 1024 tp ttp saja efaktur menutup sendiri ternyata sy liht di folder efaktur ada file yg tiba2 menghilang sendiri yaitu etaxinvoicemain mengakibatkan efaktur menutup sendiri ini knp yah please bantuannya

    ReplyDelete
  2. @deni farid : apakah yang dialokasikan tersebut sesuai dengan tingkat besarnya RAM yang tersedia?

    atau coba dengan mengganti etaxinvoicemainnya yang terbaru
    64 bit : https://goo.gl/FtTRwF
    32 bit : https://goo.gl/Uy3kC4

    ReplyDelete
  3. setting di sisi server e-faktur atau di sisi client?

    Di kantor ada 3 user yg memakai aplikasi e-Faktur, setiap kali filter e-Faktur yg di server selalu lambat.

    Apakah ada solusinya?

    ReplyDelete
  4. This independent comparison website helps shoppers select the most effective available playing products matching their wants. We provide prime quality advertising companies by featuring only established brands of licensed operators in our reviews. We receive commission for advertising the brands listed on casino.edu.kg this web page. Please note that although we endeavor to give you up-to-date information, we do not evaluate all operators in the marketplace. Sign up now to get the inside scoop on the latest bonus provides. Take note of the bonus code enter field before you finalize the deposit.

    ReplyDelete