Solusi Error Tidak Bisa Buat File CSV eSPT Masa PPh 23

Pembahasan kali ini mengenai error pada aplikasi eSPT Masa PPh 23. Untuk aplikasi eSPT Masa PPh 23 terbaru adalah versi 1.0.1. Aplikasi eSPT Masa PPh 23 versi 1.0.1 sudah update data Jenis Jasa lain sebagaimana dimaksud Peraturan Menteri Keuangan Nomor 141/PMK.03/2015, Pasal 23 ayat (1) Huruf C angka 2.
Baca juga : Aplikasi eSPT Masa PPh 23 Terbaru Plus Patch Update
Namun, fokus kita kali ini adalah error saat akan buat file lapor Data SPT atau file CSV eSPT Masa PPh 23. Setelah selesai input data pada, agar dapat melakukan lapor SPT Masa PPh 23 tentu saja membuat file CSVnya untuk diserahkan ke loket TPT di KPP.

Setelah klik memilih masa dan tahun pajak, lalu klik "Create File" untuk membuat file CSV ternyata muncul error "Error Saat Buat File Lapor SPT". Hasilnya file CSV eSPT Masa PPh 23 tidak bisa ter-create dan tidak bisa lapor SPT.


Error Tidak Bisa Buat File CSV eSPT Masa PPh 23
Error Tidak Bisa Buat File CSV eSPT Masa PPh 23

Munculnya error saat buat file CSV tersebut awalnya terindikasi aplikasi eSPT Masa PPh 23 yang sudah terinstall bermasalah. Coba dengan instal ulang aplikasi terbaru tetapi dengan database yang sama. Masih saja muncul error "Error Saat Buat File Lapor SPT".

Akhirnya tersimpulkan bahwa permasalahan error tersebut ada di database eSPT Masa PPh 23. Karena databasenya yang error maka solusi yang harus Anda lakukan ketika mengalami error tersebut adalah membuat database baru.
  • Cari database baru eSPT Masa PPh 23 yang kosongan (belum digunakan). Bisa anda ambil di sistem instalasi eSPTnya atau anda bisa download database eSPT Masa PPh 23 kosongan Di sini.
  • Backup database sebelumnya dengan cara Eksport semua Bukti Potong dan SSP sesuai Masa yang akan dilaporkan.
  • Database kosongan yang baru, silahkan diberi nama dan letakkan pada folder instalasi eSPT Masa PPh 23 atau tempat lain (yang penting jangan flashdisk)
  • Lalu setting ODBC untuk database tersebut agar terbaca di aplikasi eSPT Masa PPh 23.
Baca juga : Cara Setting ODBC Menambah Database eSPT
  • Setelah berhasil setting ODBC, langsung saja buka eSPT dengan database yang baru. isi profil sesuai profil Anda.
  • Import kembali data Bukti Potong dan SSP yang telah anda backup/ekspor sebelumnya
  • Apabila data sudah ter-impor semua dan telah sesuai silahkan buat file CSV lagi.
Baca juga : Software Pendukung Untuk Install Aplikasi eSPT
Cara di atas adalah solusi untuk database error atau bermasalah sehingga tidak bisa buat file CSV eSPT Masa PPh 23. Apabila anda memilik cara yang lain yang sekiranya lebih simpel dan mudah, silahkan share di kolom komentar untuk membantu rekan-rekan yang mengalami error seperti di atas. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Solusi Error Tidak Bisa Buat File CSV eSPT Masa PPh 23"

Post a Comment

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel