Solusi Lupa EFIN 2018

Electronic Filing Identification Number atau sering disingkat EFIN diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), seperti lapor SPT melalui e-Filling dan pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak.

Fungsi EFIN sangatlah penting jika Anda ingin menjalankan kewajiban perpajakan secara online melalui djponline. Untuk mendapatkan EFIN Anda harus mengajukan permohonan EFIN di KPP terdekat dengan membawa NPWP dan mengisi formulir permohonan EFIN.

Selain itu, EFIN sangat berguna jika Anda lupa email ataupun password djponline. Ketika anda lupa password akun djponline dan Anda mencoba untuk mengembalikan akun djponline, maka Anda akan diminta untuk memasukkan EFIN.

Baca juga : Solusi Lupa Password dan Email DJP Online

Lupa Password DJPOnline
Lupa Password DJPOnline

Awal tahun 2018 memang menjadi pusat perhatian wajib pajak, Januari - Maret 2018 merupakan waktu untuk melaporkan SPT Tahunan PPh OP Tahun Pajak 2018. Selanjutnya di bulan April merupakan jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan PPh Badan. Banyak wajib pajak yang beralih lapor secara online melalui djponline.

Karena setahun sekali, secara otomatis wajib pajak yang kewajibannya hanya setahun sekali hanya menggunakan akun djponline setahun sekali juga. Permasalahannya sering kali wajib pajak banyak yang mengalami lupa password djponline, lebih beratnya lupa email juga. Tenang, jika Anda lupa password atau email djponline silahkan gunakan fasilitas "lupa password". 

solusi lupa EFIN 2018
Solusi Lupa EFIN 2018

Bagimana jika saya lupa EFIN di tahun 2018?

Anda masih bisa tenang, jika Anda lupa EFIN silahkan mengajukan cetak ulang EFIN. Untuk tata cara mengajukan cetak ulang EFIN Anda bisa datang langsung ke KPP terdekat (tidak harus KPP terdaftar). Jangan lupa untuk membawa fotocopy KTP beserta NPWP asli. Untuk formulir permohonan cetak ulang EFIN biasanya disediakan oleh KPP.

Baca juga : Cara Pengajuan dan Aktivasi EFIN di DJP Online

Pak saya repot datang langsung KPP, bagaimana ya?

Jika anda sibuk dan repot jika datang langsung ke KPP, silahkan cek berkas-berkas laporan SPT Tahun lalu. Barangkali hasil cetak EFIN masih tersimpan.

Baca juga : Yuk Live Chat Kring Pajak

Apabila memang tidak ada, coba untuk menghubungi kring pajak di 1500200. Kring pajak sibuk? silahkan live chat kring pajak. Siapkan identitas Anda yaitu NPWP. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Solusi Lupa EFIN 2018"

Post a Comment

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel