e-Faktur Error ETAX-20049 Dokumen Lain Gagal Diupdate dan ETAX-API-50009 Dokumen Yang Akan Diubah Tidak Ditemukan

Saat input data e-faktur memang sangat mudah, tetapi terkadanag ada saja kesalahan yang baru disadari ketika dokumen atau faktur pajak approval sukses. Hal ii banyak dialami oleh waji pajak. Entah karena terburu-buru oleh waktu pelaporan atau rekanaan menjadi masalah utama dalam kesalahan input data di e-Faktur.

Baca juga : Cara Mengetahui Sertifikat Elektronik e-Faktur Expired/Kadaluarsa

Tentu saja kesalahan input data e-Faktur dapat berdampak pada kerumitan dikemudian hari jika tidak ditangani secara langsung. Apalagi kesalahan baru disadari setelah akan melakukan lapor SPT Masa PPN 1111.

Seperti error yang terjadi berikut ini. Sudah berhasil Rekam dan approval sukses Dokumen Lain Pajak Keluaran, tepatnya rekam Pemberitahuan Eksport Barang (PEB). Ternyata setelah dicek kembali terjadi kesalahan pada Jenis Transaksi.

Seharusnya Jenis Transaksi dokumen lain adalah Penyerahan Luar Negeri/Ekspor. Namun terinput Penyerahan dengan Dokumen Tertentu.

Baca juga : Solusi Salah Input Dokumen Lain

Mencoba ubah menjadi dokumen dengan jenis transaksi yang sebenarnya, e-faktur error ETAX-20049 Dokumen Lain Gagal Diupdate dan ETAX-API-50009 Dokumen Yang Akan Diubah Tidak Ditemukan.

e-Faktur Error ETAX-20049 Dokumen Lain Gagal Diupdate dan ETAX-API-50009 Dokumen Yang Akan Diubah Tidak Ditemukan

Solusi ETAX-20049 dan ETAX-API-50009


Apabila anda mengalami kesalahan input dokumen lain pajak keluaran dan sudah approval sukses, serta mencoba ubah dokumen lain muncul e-faktur error "ETAX-20049 Dokumen Lain Gagal Diupdate dan ETAX-API-50009 Dokumen Yang Akan Diubah Tidak Ditemukan". Yang perlu anda lakukan adalah input dokumen lain kembali (yang benar jenis transaksi).

Baca juga : Perubahan Skema Import Dokumen Lain Di e-Faktur

Dokumen lain Pajak Keluaran yang sudah diinput dan approval sukses tidak dapat diubah atau dibatalkan. Yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah merubah dokumen lain yang salah. Ubahlah Nama, Nomor dan nominal DPP dan PPN dengan angka 0.

Setelah anda berhasil merubah nilai dokumen lain menjadi "0", barulah input dokumen lain dengan Jenis Transaksi yang sebenarnya. Kalau-pun anda terus mencoba ubah tanpa menjadi nilai "0" akan selalu muncul error ETAX-20049 dan ETAX-API-50009. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "e-Faktur Error ETAX-20049 Dokumen Lain Gagal Diupdate dan ETAX-API-50009 Dokumen Yang Akan Diubah Tidak Ditemukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel