Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update e-Faktur 3.0 | e-Faktur Error ETAX-10004 Data Tidak Ditemukan

cara update efaktur 3.0

Mulai bulan Agustus Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah meluncurkan aplikasi e-faktur versi terbaru e-faktur 3.0. Namun, hanya Pengusaha Kena Pajak (PKP) tertentu sesuai dengan penunjukan DJP yang dapat menggunakan e-faktur 3.0.

Secara bertahap, implementasi e-faktur 3.0 akan diberlakukan kepada seluruh PKP di Indonesia mulai 01 Oktober 2020. Mari bersiap untuk menyambut hadirnya e-faktur 3.0, yang tentunya hadir dengan fitur baru yaitu Prepopulated Pajak Masukan dan PIB.

‍e-Faktur 3.0 akan menyediakan data Pajak Masukan yang dapat dikreditkan secara system atau otomatis. Sehingga anda tidak perlu lagi melakukan input secara manual ke aplikasi e-Faktur, seperti sebelum-sebelumnya. Akan muncul secara otomatis oleh system.


Sedangkan untuk prepopulated SPT, ketika anda telah menggunakan e-Faktur 3.0, pelaporan SPT Masa PPN tidak lagi dilakukan melalui aplikasi e-Faktur Client Desktop namun menggunakan aplikasi e-Faktur Web Based.

Nah, itulah keunggulan fitur-fitur baru yang akan ada di e-faktur 3.0. Tidak sabar rasanya segera ingin menggunakan e-faktur 3.0 kan? Bagi anda yang belum ditunjuk bisa melakukan update e-faktur 3.0 terlebih dahulu tetapi belum bisa memanfaatkan fitur yang tersedia.

Cara update e-faktur 3.0 cukup mudah. Seperti biasa, update tidak akan dilakukan secara online tetapi secara manual.


Apabila anda telah berhasil update e-faktur 3.0 tetapi memaksakan akan menggunakan fitur-fitur barunya, dapat dipastikan tidak akan berhasil. Bahkan akan muncul notifikasi error ETAX-10004 Data Tidak Ditemukan id.go.pajak.etacinvoice.exception.ETaxInvoiceException : ETAX-40002 Error di service. Anda belum ditunjuk sebagai peserta piloting Prepopulated SPT PPN

Update e-Faktur 3.0 | e-Faktur Error ETAX-10004 Data Tidak Ditemukan

Hal tersebut khusus bagi PKP yang telah ditunjuk oleh DJP. Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut mulai 01 Oktober 2020, dimana implementasi e-faktur 3.0 dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Post a comment for "Update e-Faktur 3.0 | e-Faktur Error ETAX-10004 Data Tidak Ditemukan"