Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cetak PDF e-Faktur Sertifikat Digital Tidak Ditemukan

Setelah sukses upload faktur pajak atau approval sukses, yang dilakukan selanjutnya adalah mencetak faktur pajak dalam bentuk Portable Document Format (PDF). Faktur pajak dalam bentuk PDF dapat dicetak atau dikirimkan kepada lawan transaksi melalui e-mail dan saluran elektronik lainnya.

Namun, saat melakukan cetak PDF e-faktur muncul notifikasi Sertifikat Digital Tidak Ditemukan, cetak PDF e-faktur tidak akan disertai PDF Signature.

Baca juga : Cara Instal Sertifikat Digital di Google Chrome

Cetak PDF e-Faktur Sertifikat Digital Tidak Ditemukan

Apabila anda mendapatkan notifikasi yang sama saat cetak PDF e-faktur, berikut solusi yang dapat anda lakukan secara mandiri.

  1. Silahkan kenalkan ulang sertifikat digital yang anda miliki pada aplikasi e-faktur. Masuk menu Referensi - Administrasi Sertifikat. Klik Open lalu cari letak sertifikat digital anda tersimpan. Lalu masukkan Passphrase dan Simpan.
  2. Jika sertifikat digital anda hilang, silahkan download sertifikat digital di enofa online. Masuk laman efaktur.pajak.go.id, masukkan NPWP tanpa tanda baca dan password akun PKP/enofa dan klik Login.
  3. Pada laman utama, klik Download Sertifikat Digital. Apabila tombol OK pada Persyaratan dan Ketentuan Penggunaan Sertifikat Elektronik DJP tidak muncul, kecilkan tampilan layar anda atau zoom out.
  4. Klik OK lalu Unduh.
  5. Nah, sertifikat digital tersebut dapat kenalkan ke aplikasi e-faktur.

Sertifkat Digital Kadaluarsa

Sertifikat digital memiliki masa berlaku selama 2 tahun dan dapat dilakukan perpanjangan atau diperbaharui secara berkala. Apabila sertifikat digital kadaluarsa anda tidak dapat mengaktifkan uploader efaktur dan tidak dapat upload faktur pajak.

Anda dapat melakukan pengajuan sertifikat digital secara online tanpa datang ke KPP tempat anda dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).


Caranya mudah, silahkan ikuti petunjuk pada link di atas dan siapkan data-data pendukung apabila petugas pajak menghubungi anda untuk meminta kelengkapan atau syarat pengajuan sertifikat digital secara online.

Post a Comment for "Cetak PDF e-Faktur Sertifikat Digital Tidak Ditemukan"