Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kembalikan NSFP Yang Tidak Terpakai di Tahun 2020

cara mengembalikan NSFP yang tidak terpakai
Source : pexels.com @pixabay

Setiap berakhir tahun pajak, Pengusaha Kena Pajak (PKP) wajib mengadministrasikan faktur-faktur pajak yang tidak terpakai untuk dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Tujuan DJP mengatur pengembalian NSFP setiap berakhir tahun pajak adalah untuk mencegah penyalahgunaan nomor seri faktur pajak dan mengawasi kerapian administrasi wajib pajak.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 24 Tahun 2012 Pasal 10 Ayat 2, Nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam suatu tahun pajak tertentu dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan bersamaan dengan SPT Masa PPN Masa Pajak Desember tahun pajak yang bersangkutan dengan menggunakan formulir sebagaimana diatur dalam Lampiran IVF yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak ini.

Baca juga : Download Formulir Pengembalian NSFP

Jadi, anda dapat mengembalikan NSFP 2020 bersamaan dengan pelaporan SPT Masa PPN Masa Desember 2020 paling lambat 31 Januari 2021, yang merupakan batas akhir pelaporan SPT Masa PPN Masa Desember 2020.

Anda harus mengembalikan NSFP yang tidak terpakai menggunakan formulir yang ada pada Lampiran IVF PER-24/PJ/2012 dan langsung disampaikan kepada KPP tempat anda terdaftar atau dikukuhkan sebagai PKP.

Baca juga : Solusi Error ETAX-30029 Nomor Faktur Tidak Benar

Sampai saat ini belum ada cara pengembalian NSFP secara online, sehingga penyampaian langsung ke KPP adalah salah satu yang bisa dilakukan.

Mengingatkan kembali, untuk menerbitkan faktur pajak di Tahun 2021, silahkan ajukan permintaan NSFP 2021 secara online di enofa online atau langsung ke KPP tempat anda dikukuhkan sebagai PKP.

Baca juga : Daftar Kontak Kantor Pajak Seluruh Surabaya

Setelah mendapatkan NSFP 2021 segera input range nomor faktur pada aplikasi e-faktur dekstop, agar anda dapat menerbitkan faktur pajak di tahun 2021. Demikian, semoga bermanfaat.

Post a comment for "Kembalikan NSFP Yang Tidak Terpakai di Tahun 2020"