Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saat Buka Aplikasi eSPT "Format tanggal tidak sesuai"

Setelah melakukan instalasi sebuah aplikasi, pastinya user akan segera mengoperasikan. Dalam proses instal ataupun pasca instal, apabila sesuai dengan prosedur yang telah disediakan di petunjuk instalasi tentunya aplikasi akan berjalan tanpa error. Terkadang, meskipun kita sudah mengikuti prosedurnya masih saja muncul error.

Seperti saat proses instal aplikasi eSPT, proses instal berjalan sesuai dengan rencana tanpa suatu error yang muncul. Nah, dari situ kemudian saya berfikir bahwa aplikasi memang sudah siap digunakan karena instalnya saja tidak masalah. Pada saat akan membuat laporan SPT dengan aplikasi eSPT ternyata muncul notifikasi error yaitu "Format tanggal tidak sesuai" dan aplikasi tertutup secara otomatis atau forced closed.

Nah error keterangan format tanggal tidak sesuai, memang bukan kesalahan proses instal, anda uninstal dan instal ulang aplikasi eSPT pasti akan tetap muncul notifikasi tersebut. Dari keterangan format tanggal tidak sesuai berarti ada ketidaksesuaian antara pengaturan format tanggal di komputer atau laptop anda dengan aplikasi eSPT.

Cara setting format tanggal tidak sesuai di region and language
Cara setting format tanggal tidak sesuai di Region and Language
Solusinya cukup simple yaitu anda harus mengubah format “Region and Language” komputer atau laptop yang anda gunakan ke Indonesia. Caranya

  • Buka Control Panel pilih Clock, Language, and Region kemudian pilih Region and Language. Atau bisa dengan cara cepat klik menu atau tombol start ketik region and language.
  • Ubah Format ke Indonesia (Indonesia) dan Locationnya Indonesia. Biasanya hal ini karena format defaultnya dari komputer atau laptop English (United States).
  • Disamping itu perhatikan additional settingnya, pastikan telah sesuai dengan settingan yang ada di komputer atau laptop
  • Setelah diganti ke Indonesia dan additional settingnya sesuai langsung klik Apply dan OK.
Buka kembali aplikasi eSPT anda, apabila cara di atas sudah anda lakukan dengan urut dan benar maka aplikasi dapat dibuka dengan normal. Demikian, semoga bermanfaat.

6 comments for "Saat Buka Aplikasi eSPT "Format tanggal tidak sesuai" "

  1. mau tanya supaya DPP dan PPN di FM singkron angkanya bagaimana caranya, soalnya dari tadi saya belum bisa untuk uploadnya.

    ReplyDelete
  2. @admkeujkt jakarta : Untuk input FM melihat ke FK, untuk keterangan errornya seperti apa ya?

    ReplyDelete
  3. DI E-SPT PPH 4 (2), semua setting region sudah saya ubah jadi Indonesia, pun additional settingnya juga sudah diubah. namun tetap tanggal tidak valid. Padahal di database cabang lain tak ada masalah tangal tidak valid. Ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya sama Pak, belum menemukan solusi nya

      Delete
    2. Sama, tetap gak bisa. Gimana ya Pak solusinya apa sudah ketemu?

      Delete