Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Error eSPT Tahunan PPh Badan 1771

Pembahasan kali ini berkaitan dengan aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Titik fokusnya adalah saat proses instalasi aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dan saat menjalankan, tetapi bukan saat pengisian data maupun setelahnya.

Memang wajib pajak banyak yang bertanya terkait dengan error eSPT Tahunan PPh Badan 1771, errornya juga bermacam-macam.

Dengan berbagai error yang telah dialami oleh wajib pajak, maka saya mencoba untuk mengkompilasi error-error tersebut. Apa yang menjadi penyebab error eSPT Tahunan PPh Badan dan solusinya akan saya bahas.

Penyebab error eSPT Tahunan Badan 1771


Unable To Create DSN

Yang pertama, error ini pernah saya alami sendiri dan yang paling sering ditanyakan oleh wajib pajak. Setelah melakukan instal aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771, otomatis akan segera menggunakan untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh Badan. Saat akan membuka aplikasi untuk pertama kali, permasalahan mulai muncul. Akan muncul error dengan notifikasi " Unable to create DSN".


Bagi wajib pajak mungkin error aplikasinya, pernah ada salah satu wajib pajak yang melakukan uninstal eSPT Tahunan PPh Badan 1771 kemudian instal kembali. Hasilnya tetap sama "Unable to create DSN".

Sebenarnya solusi eror atau permasalahan ini cukup simple dan sangat mudah. Tinggal buka eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dari C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010 kemudian klik kanan Run as administrator. Untuk ke depannya anda tidak perlu Run as administrator lagi, buka dan gunakan seperti aplikasi eSPT lainnya.

Microsoft Database Engine Belum Terinstal

Yang kedua, error. saat akan melakukan koneksi pada database eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Error tersebut mengakibatkan aplikasi eSPT belum dapat digunakan. Ini juga sering dialami oleh wajib pajak yang akan melakukan koneksi ke eSPT Tahunan PPh Badan 1771.

Notifikasi error yang muncul adalah "Couldn't connect to DB. Message: The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider not registered on the local machine."

Error ini karena ada satu software yang belum terinstal di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Software tersebut adalah Microsoft Database Engine atau bisa jadi Microsoft Access di komputer/laptop anda belum terinstal. Solusinya silahkan instal Microsoft Database Engine terlebih dahulu, setelah itu silahkan buka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 kembali

eSPT Terinveksi Virus

Yang ketiga, adakalanya suatu komputer /laptop yang anda gunakan terinveksi virus. Apabila terinveksi virus maka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 yang sudah terinstal akan tidak dapat dibuka bahkan ketika anda buka, atau anda sedang mengalami error keterangan "has stop working". Padahal sebelumnya aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan lancar digunakan.

Apabila anda mengalami permasalahan ini, silahkan restore database eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Untuk database silahkan diambil di (untuk lokasi default belum pernah diubah) C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010\Database untuk windows 64 bit. Sedangkan untuk windows 32 bit ada di C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010\Database.


Setelah anda mendapatkan databasenya, yang perlu anda lakukan adalah melakukan instal ulang eSPT Tahunan PPh Badan 1771.

Perlu diingat apabila masih terdapat virus, bersihkan terlebih dahulu agar error tidak terulang kembali. Yang terakhir silahkan restore databasenya. Demikian, semoga bermanfaat.

12 comments for "Penyebab Error eSPT Tahunan PPh Badan 1771"

  1. kalo sudah isi spt tahunan..trus aplkasi kita tutup kemudian buka aplikasi lagi dan isinya ilang dan muncul kode error "type mismatch" itu kenapa ya?solusinya gimana?

    ReplyDelete
  2. @priyo prabowo : Mohon maaf, Silahkan menghubungi KPP pak agar dapat dibantuk untuk penyelesaiannya karena sangat teknis

    ReplyDelete
  3. klo misal kita mau pindah komputer/laptop dengan cara copas database tp ketika kita mau login ulang tp mlh di suruh masukan NPWP baru...itu gmn ya gan ? tolong bantuannya

    ReplyDelete
  4. Maaf ! Saya uninstall aplikasi spt tahunan karena ada masalah. Lalu saya install kembali. pada saat proses instalasi muncul pesan " Error 1919. Error configuring ODBC data source db 1771_2010, ODBC error 6 : Component not found in the registry. Verify that the file db1771_2010 exist and that you can acces it. Sehingga proses instalasi ulang gagal. Mohon petunjuknya. Trima kasih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba file installer dipastikan tidak corrupt serta jangan disimpan di C untuk melakukan instalasi

      Selain itu, jika belum berhasil coba dowoad ulang dan instal database engine

      Delete
    2. File intallernya bagus karena dikomputer teman bisa jalan dengan baik. Maaf yang mana dimaksud database engine ?

      Delete
    3. Saya sudah lakukan banyak cara namun tetap gagal. Apakah windowsnya tidak compatible dengan aplikasi SPT Badan. Saya menggunakan windows 10 Pro. Sebelum saya upgrade aplikasi tersebut bagus. Namun setelah saya upgrade baru muncul masalah. Versi windows 10 Pro saya sekarang adalah versi terakhir Windows 10 Pro 1809 OS Build 17763.379. Apakah tidak compatible ? Trima Kasih !

      Delete
    4. Windowsnya yang aku Upgrade dari windows 10 Pro Versi 1709 menjadi Windows 10 Pro versi 1809.

      Delete
    5. apakah sudah menemukan solusi rekan ?,saya sedang mengalami hal yang sama

      Delete
  5. mohon bantuannya ..
    saya mau lapor data spt tahunan ke kpp tp setelah klik create file malah muncul "The requested operation is not supported in this platform" ini kenapa ya? masalahnya dimana ? tolong bantu

    ReplyDelete
  6. Compatible rekan, cuma harus menggunakan/membuat database baru extensi mdb. Yang jelas dengan database lama ada beberapa bagian yang akan error.tks

    ReplyDelete
  7. min kl erornya ketika mau di isi kluar : ONE OR MORE OF THE ITEMS IN THIS FORM HAVE NOT YET BEEN COMPLEDET CORRECTLY.
    PLEASE CORRECT THE ITEM(S) AND TRY AGAIN... apanya dan apa yang harus saya lakukan ya? ini email saya ( wailan4_7@yahoo.com )trimakasih sebelumnya,,, smoga sukses selalu

    ReplyDelete