Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Validasi NTPN Sebelum Input SSP di e-Faktur

Setelah update aplikasi e-faktur versi 2.0, banyak mekanisme baru yang harus diterapkan. Sebagai contoh saja, saat input SSP (jika SPT Kurang Bayar) di aplikasi e-faktur versi 2.0 harus terhubung dengan internet untuk proses validasi dengan server DJP. Hal ini baru karena di aplikasi e-faktur sebelumnya saat input SSP tinggal input saja tidak melalui validasi SSP.

Saat input SSP di aplikasi e-faktur banyak wajib pajak yang mengalami error. Setelah selesai input SSP dan klik simpan tiba-tiba muncul notifikasi error "ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found".

ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found
Error Saat Input SSP di e-Faktur

Setelah dilakukan cek terhadap data pembayaran yang meliputi Kode Jenis Setoran, Kode Jenis Pajak, NTPN, dan Nilai ternyata sesuai apa yang sudah diinput. tetapi ketika klik Simpan, selalu muncul error "ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found".

Solusi ETAX-60011, ETAXSERVICE-50001, ETAX-API-60014


  • Pastikan data pembayaran yang anda input adalah benar. Dalam hal ini yang menjadi perhatian utama adalah NTPN. Terkadang dalam NTPN terjadi kesamaan huruf "O" dengan angka "0". Salah satu huruf saja sudah tidak akan bisa diterima. Jadi jika Anda mengaami masalah yang sama cobalah Cek dahulu kebenaran NTPN-nya.
  • Untuk melakukan cek validasi NTPN, dapat anda lakukan melalui aplikasi e-billing yaitu SSE1 atau sse.pajak.go.id. Setelah berhasil login pilih menu Konfirmasi NTPN.
  • Apabila dalam hal ini anda tidak memiliki akun sse1 dan saat registrasipun sudah tidakbisa, solusi yang bisa dan segera adalah silahkan menghubungi KPP tempat anda terdaftar. Tanyakan atas NTPN tersebut apakah sudah sesuai. Jika tidak menghubungi KPP, Anda bisa telepon ke kring pajak di 1500200.
Error Input SSP di efaktur
Pastikan NTPN sudah Benar

Setalah mendapat NTPN yang sudah sesuai silahkan input ulang dan simpan. Kenapa hal sepele ini saya bahas? Karena banyak yang mengalami hal ini dan saat input banyak yang mengalami kesalahan antara huruf "O" dengan angka "0". Demikian, semoga bermanfaat.

40 comments for "Cek Validasi NTPN Sebelum Input SSP di e-Faktur"

  1. kalau input SSP PPN KMS untuk unit usaha gmn y pak,sedangkan PPN centralisasi

    ReplyDelete
  2. @Andi Gunawan : Mohon maaf pak, kalau permasalahan SSP PPN KMS saya belum menemukan jawaban yg pasti. tetapi ada kabar bahwa pembayaran NPWP cabang tidak dapat diinput.

    ReplyDelete
  3. NTPN saya copas dari transaksi internet banking, jadi saya yakin gak salah. tapi kenapa masih tidak bisa yah

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Sama tidak bisa.gagal simpan,ssp tdk valid,not found.pembayaran sse tgl 15 nov tdk terbaca di server pjk.diminta coba terus.hr ini banyak kasus sama

    ReplyDelete
  6. Bendahara salah menginput npwp perusahan pada waktu penyetoran pajak apakah berpengaruh pada SSP?

    ReplyDelete
  7. @Jimmy Raintung : kalau yang di efaktur atas nama perusahaan hausnya perusahaan pak. Nanti record pembayaran tidak sesuai pak kalau npwpnya tidak sesuai.

    ReplyDelete
  8. Sse1 tidak bisa menampilkan konfirmasi NTPN sjk 22des17

    ReplyDelete
  9. @dikprof oh ya ? ada solusi lain buat cek NTPN ? NTPN sy sangat jelas, tidak ada o atau 0 . tapi ttp tidak valid . membingungkan haha

    ReplyDelete
  10. bisa mas, ceknya dengan validasi kode billingnya. saya barusaja dapat ntpn yang kurang jelas setelah saya cek via id billing memang ada kesalahan penulisan pada ntpnnya

    ReplyDelete
  11. Duh saya bayar kemarin, 07/0/2018 saya input di 08/02//2018 yetapi kenapa gak bj

    ReplyDelete
  12. @aris subaktiar : NTPNnya sudah dicek pak? biasanya terdapat perbedaan huruf dan angka.

    ReplyDelete
  13. Ini saya mau masukin kode ntpn ppn efaktur sptbinduk cman kondisi nya tombol ssp gak bsa di klik mnta solusinya

    ReplyDelete
  14. Pak cara mengatasi ssp gak bsa di klik gmana ya spt ppn induk

    ReplyDelete
  15. waktu mau isi SSP gak bisa ya pak, apa status SPTnya "kurang Bayar"? Jika "KB" harusnya tombol aktif.

    ReplyDelete
  16. Pak, sy sudah setor kurang bayar via internet bank transfer. Tp ketika input di djp online, NTPN nya ditolak tidak valid. Sy cek validnya dimana ya?

    ReplyDelete
  17. @Putri Cristin : ini ibu bayarnya barusan atau sudaj dari tadi buk? Coba ditunggu dulu karena butuh waktu beberapa saat untuk sinkron. Jika mengecek validnya ntpn bisa melalui sse1.pajak.go.id

    ReplyDelete
  18. Sy setor kemaren 2 maret siang hari. Sampai dengan hr ini 3 maret sy masih kena error ntpn tidak valid. Sy br pertama ini setor lewat online, biasanya waktu sinkronnya berapa hari pak? Sy coba buka sse1.pajak.go.id kok tidak bisa ya pak. Apakah itu sama dengan sse.pajak.go.id? Mohon petunjuknya pak

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. @Putri Cristin, apakah berhasil input NTPN nya? setelah berapa lama berhasil? saya coba jg ga berhasil. sudah ganti O jadi 0 jg ga bs

    ReplyDelete
  21. @Putri Cristin @Inge Sapangah iya benar, apakah ada info terbaru? sy juga belum berhasil input NTPN, padahal udah bayar semalam pk 22:30 dan sy coba lg berulang kali sampai pk 12:30 td belum bisa juga

    ReplyDelete
  22. Saya punya masalah yang sama, NTPN tidak valid. Lalu bagaimana? Mohon bantuan..

    ReplyDelete
  23. Sy sdh bayar 12 mar, input tgl 17 mar efilling jg error di ntpn tdk valid. Pdhl cuma copy paste nomornya.

    ReplyDelete
  24. sama nih gak valid juga no ntpn nya , gimna ya

    ReplyDelete
  25. ntpn tidak valid ...duh knp ya

    ReplyDelete
  26. ntpn tidak valid.. sdh byr bbrp hari lalu dan inputnya sdh benar.. gmn nih

    ReplyDelete
  27. payah nih tidak valid mulu

    ReplyDelete
  28. bisa di cek di sse1 apaaaan orang yang keluar sse3 terus form untuk isi sse kaya biasa gaada buat cek validasi NTPN nyaa heuh KZL

    ReplyDelete
  29. udah semua jurus dicoba, pake word/notepad di copy, seluruh angka 0 dan huruf O coba diganti, tetep ga bisa input ntpn sejak kemarin..
    saya pake ebilling versi 2 & coba buat ke versi 1 tetapi tdk bisa ya buat ngecek aja ini ntpn bener apa tidak..? ada yg bisa kasih pencerahan..?

    ReplyDelete
  30. mau lihat NTPN melalui sse1 g bs masuk trs. dan semua angka 0, o, 1, i sudah coba semua tapi ttp saja g bisa gimana dong solusinya masa hrs kekantor trs..

    ReplyDelete
  31. Tadi pagi saya bayar "kurang bayar pajak" di bank dengan menggunakan ID Billing yang dibuat di https://sse3.pajak.go.id/rekamSSP. Setelah mendapatkan NTPN saya kembali input e-filling beberapa kali hingga sore ini tetapi selalu dijawab NTPN tidak valid. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ntpnnya dicek bu, pastikan perbedaan huruf O dengab angka 0.. Seharusnya sudah bisa bu

      Delete
  32. kebetulan sy melakukan pembayaran melalui internet banking, BPN langsung terbit dalam form PDF. Nomor NTPN saya copas langsung dari PDF, tidak ada nol atau O. Sudah 3 hari masih SSP tidak valid. sy cek ke KPP terdekat katanya data SSP tersebut tidak ada pada database mereka. sy check ke SSE1 juga hasilnya data tidak ditemukan. Sy cek ke bank, dana sudah terdebet dan BPN telah dikirim sehingga pihak bank merasa proses dari mereka sudah lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pembayaran sudah keluar NTPNnya berrti sudah sah. Untuk permasalahan ini bisa jadi terlambat rekon, silahkan hubungi kpp tempat terdaftar arau kring pajak.. Sampaikan permasalahan tsbt.
      Karena 2 hari yg lalu saya juga menerima masalahan yg sama, alhamdullilah dalam 1 hari bisa teratasi

      Delete
    2. Saya juga ada masalah yg sama, terus solusinya gimana pak / bu ? Apa sudah teratasi ? Saya juga gagal masukkan ntpn pdahal tidak ada huru O atau nol

      Delete
  33. salah menulis ntpn.... gmn solusinya????

    ReplyDelete
  34. maaaf sspnya gak bisa di klik padahal sudah ada bukti pembayaran dan ntpn sdh benar.
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  35. saya mau import dokumen lain pajak keluaran ( PEB ) cara nya gimana iya pak ? klw ppn masukan saya sudah bisa trimaksih

    ReplyDelete