Solusi Lupa EFIN Pajak Terbaru

Untuk dapat menggunakan layanan pajak online seperti e-filing dan e-biling di DJP Online, yang harus anda miliki adalah EFIN. EFIN adalah nomor identifikasi elektronik yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak untuk digunakan pada aplikasi pajak online (aplikasi yang sah dari DJP).

Fungsi utama dari EFIN adalah sebagai verifikasi atau autentikasi pada transaksi aplikasi pajak online atau DJP Online.

Untuk mendapatkan EFIN anda harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN ke KPP terdekat dan tidak harus ke KPP terdaftar. Setalah aktivasi berhasil tentu saja EFIN harus anda simpan untuk digunakan pada transaksi pajak online di DJP Online seperti e-filing dan e-billing.

Baca juga : Cara Aktivasi EFIN

Namun, beberapa wajib pajak setelah berhasil daftar dan memiliki akun DJP Online, merasa EFIN sudah tidak diperlukan lagi. Memang EFIN hanya diaktivasi sekali saja selanjutnya tidak perlu aktivasi lagi.

Kondisi tersebut membuat EFIN dibiarkan begitu saja, adapula yang tidak diarsipkan. Akhirnya, di tahun berikutnya ketika akan lapor SPT tahunan lupa password DJP Online sekaligus Lupa EFIN. Karena untuk memulihkan password DJP Online anda harus mengingat-ingat kembali EFIN.

Bagi anda yang saat ini akan lapor SPT Tahunan 2019 tetapi lupa password DJP Online sekaligus Lupa EFIN, berikut solusinya untuk lupa EFIN


Solusi Lupa EFIN Pajak Terbaru


Solusi Lupa EFIN Pajak

Untuk mendapatkan EFIN kembali, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Namun, sebelum melangkah lebih lanjut lagi ada beberapa yang perlu anda siapkan, antara lain

  • NPWP dan KTP
  • Nama lengkap
  • Alamat terdaftar saat registrasi EFIN
  • email
  • nomor telepon pada saat registrasi EFIN
  • Tahun pajak SPT terakhir. Kapan terakhir anda melaporkan SPT? Tahun pajak?

Apabila data-data di atas sudah siap, silahkan pilih cara berikut ini yang menurut anda paling mudah. 

Ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Solusi yang dapat dipastikan ya datang langsung ke KPP terdekat. Untuk lupa EFIN, anda tidak harus datang ke KPP tempat anda terdaftar. Yang sekiranya dekat saja. Jangan lupa untuk membawa fotocopy KTP beserta NPWP asli beserta formulir permohonan. Untuk formulir permohonan biasanya telah disediakan oleh KPP.

Baca juga : Inilah Solusi Lupa EFIN 2018

Apabila antrian tidak banyak, proses mendapatkan EFIN kembali akan sangat cepat. Anda akan diberikan cetak ulang EFIN oleh petugas pajak

Telepon Kring Pajak

Apabila datang ke KPP tidak memungkinkan atau jauh dari KPP lainnya, solusi selanjutnya adalah telepon kring pajak di 1500200. Siapkan identitas anda KTP dan NPWP dan data lainnya (yang telah disebutkab di atas) apabila saat telepon anda ditanya identitas oleh petugas kring pajak.

Live Chat Kring Pajak

Telepon kring pajak 1500200 selalu sibuk dan tidak sambung-sambung, solusi berikutnya adalah live chat kring pajak di pajak.go.id. Untuk dapat live chat kring pajak, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Baca juga : Cara Live Chat Kring Pajak

Akun Twitter @kring_pajak

Cara yang sudah disebutkan di atas ternyata belum membuahkan hasil, EFIN belum ada dalam genggaman. Bagi anda penggiat sosmed Twitter, silahkan mention akun kring_pajak. Tanyakan perihal permasalahan anda berupa Lupa EFIN.

Sekedar informasi juga, untuk layanan di atas hanya berlaku ketika jam kerja saja yaitu pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB. Hari libur layanan juga ikut libur. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Solusi Lupa EFIN Pajak Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel