Cara Cek Validasi NPWP Online | Asli atau Palsu

NPWP sebenarnya memiliki sifat rahasia, sehingga Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak menyediakan media online untuk akses atau cek NPWP. Artinya, hanya kalangan tertentu saja yang dapat mengetahui nomor NPWP anda, seperti rekanan usaha, bendahara/juru bayar kantor, dan petugas pajak.

Apabila DJP menyediakan akses NPWP secara online, maka siapapun orang dapat memanfaatkannya dan ditakutkan terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya.

Apabila anda hanya sekedar ingin melakukan cek validasi NPWP secara online, ada caranya. Hanya sebatas cek apakah NPWP tersebut valid atas nama diri anda atau orang yang bersangkutan dan apakah NPWP masih aktif atau tidak.

Baca juga : Cara Permohonan Non Efektif Wajib Pajak | NPWP Non Aktif

Mengecek NPWP bertujuan untuk melancarkan transaksi usaha atau transaksi perpajakan yang berhubungan dengan NPWP. Selain itu, menghindari dari nomor NPWP palsu.

Berikut cara cek validasi NPWP secara online.

  • Masuk pada alamat ebilling pajak yaitu https://sse3.pajak.go.id/
  • Silahkan anda klik "Belum Punya Akun?"
  • Masukkan NPWP yang anda miliki lalu tekan tab
  • Akan muncul nama sesuai dengan NPWP

Cara Cek Validasi NPWP Online

Apabila anda memasukkan nomor NPWP lalu tekan Tab, ternyata yang muncul bukan nama yang bersangkutan dapat dipastikan NPWP tersebut tidak sesuai atau tidak valid. 

Selain itu, jika nomor NPWP tidak valid akan muncul keterangan "Pesan Kesalahan : REG010, NPWP Tidak Ditemukan".

Cara Cek Validasi NPWP Online

Jadi media yang telah saya uraikan di atas merupakan cara cek NPWP untuk mengetahui identitas pemilik terutama nama pemilik NPWP.

Pertanyaan Seputar Cek Nomor NPWP


Saya memiliki NPWP, sampai kapan masa berlaku NPWP? Jawaban : NPWP berlaku selama seumur hidup. Apabila anda sudah tidak bekerja lagi atau tidak memperoleh tambahan ekonomi, anda dapat mengajukan Non Efektif.

NPWP saya hilang, bagaimana cara Cek NPWP? Jawaban : untuk dapat cek NPWP silahkan anda datang langsung ke Kantor Pajak dengan membawa KTP asli. Tidak perlu ke KPP terdaftar. Anda juga langsung bisa mengajukan Cetak Ulang NPWP dengan syarat-syarat yang mudah tentunya.

Apakah saya bisa mengetahui nomor NPWP secara online? Jawaban : mohon maaf tidak bisa, anda harus datang langsung ke Kantor Pajak.

Berapa biaya untuk mengurus NPWP? Jawaban : tidak ada biaya dalam pengurusan NPWP atau gratis kecuali anda melalui jasa seperti konsultan pajak yang tentu saja terdapat tarif atas jasa yang mereka tawarkan. Apabila anda mengurus NPWP sendiri, tidak ada biaya. Semua pelayanan di Kantor Pajak gratis.

0 Response to "Cara Cek Validasi NPWP Online | Asli atau Palsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel