Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menabung Secara Efektif Dengan Gaji Kecil

Memiliki tabungan yang cukup dapat membuat hidup lebih tenang untuk dijalani. Dengan adanya tabungan tersebut, kamu tidak perlu khawatir jika harus mengeluarkan dana mendadak dalam jumlah besar. Sayangnya, beberapa orang mengalami kesulitan dalam menabung. Jika kamu juga mengalaminya, kamu dapat mencoba tips cara menabung yang efektif.

Cara Menabung yang Efektif

Tips Menabung Secara Efektif Dengan Gaji Kecil
Source : sahabatpegadaian.com

Banyak orang mengalami kesulitan menabung karena berbagai alasan. Sebagian dari mereka tidak bisa menabung karena penghasilan yang terbatas. Meski demikian, gaji kecil sebenarnya bukan penghalang untuk menabung. Sedangkan sebagian lain dari mereka memiliki gaji tinggi, namun gaya hidup boros. Namun, masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan kedisiplinan.

Jika kamu ingin memiliki tabungan dalam jumlah besar, cobalah tips cara menabung yang efektif di bawah ini.

Baca juga : 8 Tips Jitu Mengatur Keuangan Bulanan

1. Tabung Sebagian Penghasilanmu di Awal Bulan

Banyak orang menunggu hingga akhir bulan untuk menabung atau sampai mereka memiliki sisa uang untuk ditabung. Cara menabung seperti ini sangat tidak efektif dan tidak dianjurkan, karena bisa dipastikan bahwa kamu tidak selalu memiliki uang sisa di akhir bulan. Dengan begitu, tabunganmu tidak akan cepat bertambah banyak.

Cara paling efektif untuk menabung adalah dengan menabung di awal bulan saat kamu baru saja mendapat gaji dan uangmu masih banyak. Dengan demikian, kamu dapat menabung setiap bulan secara rutin dan uang tabunganmu bertambah dengan cepat.

Jika kamu ingin memiliki tabungan dalam jumlah besar, maka sisihkanlah 15% gajimu untuk ditabung. Namun, jika hal itu tidak mungkin dilakukan, maka  kamu dapat menabung 10% gajimu atau kurang.

2. Menabung Setiap Hari

Selain menabung di awal bulan, kamu juga dapat menabung setiap hari. Buatlah peraturan menabung dan disiplinlah dalam menjalani aturan tersebut. Contohnya, tabunglah setiap uang pecahan Rp20.000,- yang ada di dompetmu setiap hari.

Baca juga : 8 Cara Memilih Jasa Asuransi Yang Tepat

Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan jumlah tabunganmu. Akan tetapi, beberapa orang mungkin akan kesulitan melakukannya karena jumlah penghasilan yang terbatas. Sebagai alternatif, kamu dapat menabung pecahan uang kertas terkecil yang ada di dompetmu setiap setiap kali pulang kerja. 

3. Simpan Uang Recehmu

Uang receh atau uang koin memang memiliki nominal yang kecil, namun jika ditabung setiap hari akan menghasilkan tabungan dalam jumlah yang besar. Hal ini terbukti dengan adanya orang yang membeli smartphone dan motor dengan uang receh yang mereka tabung.

Jadi kini, simpanlah uang receh setiap kali kamu memperolehnya dari kembalian belanja. Karena uang receh ini agak memakan tempat, maka kamu harus menyiapkan celengan yang cukup besar untuk menyimpannya.

Baca juga : 5 Investasi Kecil Namun Menguntungkan

Kamu tak perlu beli celengan mahal untuk menabung uang koin. Cukup dengan botol air mineral 1,5 liter saja sudah cukup. Asal kamu disiplin, uang receh tersebut pasti aman di dalam botol. Jika telah terkumpul banyak dan kamu tidak punya cukup ruang untuk menyimpannya, maka dapat menukarnya ke toko atau bank dan setelah itu menabungnya di rekening tabungan.

4. Buat Anggaran Pengeluaran Bulanan

Berapapun jumlah penghasilanmu, kamu pasti dapat menabung dengan mudah dan efektif jika membuat anggaran pengeluaran setiap bulan. Melalui perencanaan ini, kamu dapat membagi pengeluaranmu dalam 3 kelompok, yaitu tabungan, pengeluaran pokok, dan rekreasi.

Baca juga : Ketahui 7 Tips Bebas Finansial Sejak Dini

Jika uangmu hanya cukup untuk memenuhi dua prioritas pertama, maka jangan paksakan dirimu untuk  traveling, hangout di cafe, dan belanja barang yang kurang diperlukan. Hal ini akan menyebabkan keadaan keuanganmu kurang sehat, gagal menabung, dan terlilit hutang.

5. Buat Rekening Khusus untuk Menabung

Menabung di rumah tidak selalu efektif untuk dilakukan. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya menabung di bank. Selain lebih aman, bank juga menawarkan bunga. Namun, perlu diingat bahwa kamu sebaiknya membuat rekening khusus untuk menabung.

Baca juga : Fungsi NPWP dan Cara Mendapatkannya

Sehingga, uang dalam rekening itu tidak akan berkurang saat kamu berbelanja menggunakan debit card atau saat mengambil uang dari mesin atm. Rekening khusus ini harus dibuat di bank yang aman. Selain itu, pilihlah jenis rekening dengan biaya admin rendah. Jangan pula buat kartu atm dari rekening tersebut, agar kamu tidak dapat mengambil uang tabungan kapan saja.

6. Transaksi Menggunakan Uang Cash

Penggunaan uang cash dapat membantumu untuk berhemat. Dengan demikian, kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung. Saat melakukan transaksi menggunakan uang cash, kamu akan cenderung menghabiskan lebih sedikit uang dibandingkan jika menggunakan debit card dan credit card.

Baca juga : Daftar NPWP Online, Pastikan Data Ini Valid

Agar penghematan yang kamu lakukan dapat dilakukan secara maksimal, kamu perlu membatasi jumlah uang cash yang ada di dompetmu. Dengan begitu, kamu benar-benar dapat mengontrol pengeluaranmu dalam satu hari.

7. Simpan Uangmu dalam Tabungan Deposito Berjangka

Beberapa ahli keuangan menyarankan investasi sebagai alternatif untuk menabung. Investasi akan memberimu imbalan menguntungkan, sehingga uang atau modalmu semakin banyak. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi keuntungan investasi, maka semakin besar pula risikonya.

Jika takut akan risiko investasi, kamu dapat memilih investasi risiko rendah, contohnya deposito berjangka. Bunga deposito lebih memiliki nilai yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Selain itu, investasi ini aman karena dijamin LPS. Jangka deposito ini sangat beragam, kamu dapat memilih jangka waktu 1 bulan sampai 2 tahun.

Baca juga : Investasi ORI018, Keuntungan dan Cara Investasinya

Kamu tidak perlu modal besar untuk membuat deposito berjangka. Beberapa bank mematok minimal modal deposito sebesar Rp1.000.000,- saja. Untuk memperoleh modal simpanan deposito, kamu dapat menabung terlebih dahulu di rumah.

Tidak semua cara menabung yang efektif tersebut cocok untukmu. Oleh karenanya, kamu perlu mencoba semuanya. Untuk memantau progress dan keefektifan cara tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi khusus di smartphone guna mencatat jumlah uang yang ditabung.

Post a comment for "Tips Menabung Secara Efektif Dengan Gaji Kecil"