Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi ORI018, Keuntungan dan Cara Investasinya

cara investasi ORI018 dan keuntungannya
Source : freepik.com

Investasi merupakan salah satu cara mencapai kebebasan finansial. Sayangnya, tidak semua orang berani melakukan investasi karena banyaknya berita tentang investasi bodong. Jika ingin investasi aman, terjamin, risiko rendah, dan bunga menarik, sebaiknya kamu mempertimbangkan ORI018. Apakah ORI018 itu? Dan bagaimana cara investasi ORI018? Yuk, cari tahu di sini!

ORI018: Apakah itu?

Beberapa orang mungkin merasa asing ketika mendengar tentang ORI018. Hal ini sangat wajar karena instrumen investasi ini baru saja diluncurkan oleh pemerintah pada awal bulan Oktober ini. Jika kamu penasaran tentang investasi tersebut, cek poin-poin penting ORI018 di bawah ini.

Baca juga : Ketahui 7 Tips Bebas Finansial Sejak Dini

1. Pengertian ORI018

ORI018 adalah singkatan dari Obligasi Negara Ritel ke-18. Surat Berharga Negara (SBN) ini merupakan instrumen investasi yang baru saja diluncurkan oleh pemerintah. Semua warga negara Indonesia diperbolehkan untuk membeli obligasi ritel tersebut. Pembelian atau pemesanan dapat dilakukan dari tanggal 1 Oktober 2020 hingga 21 Oktober 2020. 

2. Besarnya Modal

Instrumen investasi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki modal relatif kecil dan sedang belajar berinvestasi. Hanya dengan dana Rp1.000.000,- kamu sudah dapat memesan ORI018. Hal ini karena pemerintah menetapkan minimal modal sebesar Rp1.000.000,- dan maksimal Rp3 milyar.

Pemesanan dapat dilakukan pada mitra distribusi ORI018 yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Di samping itu, Pemesanan hanya dapat dilakukan pada kelipatan Rp1.000.000,-. Nantinya, SBN ORI yang telah dipesan akan diterbitkan pada 27 Oktober 2020.

Baca juga : 5 Investasi Modal Kecil Tapi Menguntungkan

3. Bunga dan Tenor

Dengan membeli ORI018, kamu akan memperoleh kupon atau bunga 5,7% per tahun. Bunga tersebut merupakan bunga tetap yang tidak akan mengalami fluktuasi selama tenor berjalan. Besarnya bunga ini mungkin terkesan tidak terlalu tinggi. Namun, jika dibandingkan dengan bunga deposito yang hanya sebesar 4%, ORI018 menawarkan cuan yang lebih menarik.

Kupon pertama akan dibayarkan pada tanggal 15 Desember 2020. Kupon bulan selanjutnya akan dibayarkan setiap tanggal 15, dengan ketentuan tanggal tersebut merupakan hari kerja. Tenor investasi ini adalah 3 tahun dengan jatuh tempo pada tanggal 15 Oktober 2023. 

4. Risiko dan Mitigasi ORI018

Risiko Likuiditas

Seberapa besar risiko kerugian jika pemilik SBN ORI ingin mencairkan modalnya sebelum jatuh tempo? Risiko ini sangat kecil, karena pemilik dapat memindahbukukan atau menjualnya kembali  setelah pembayaran kupon yang pertama. 

Penjualan dapat dilakukan melalui mitra distribusi dengan mengikuti syarat yang telah ditentukan. Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung jika tiba-tiba perlu menguangkan ORI018.

Baca juga : Tips Jitu Mengatur Keuangan Bulanan

Risiko Gagal Bayar

Risiko ini berkaitan dengan kegagalan penerbit obligasi ritel dalam membayar pokok obligasi maupun bunga. Namun, risiko gagal bayar atas ORI018 sangat kecil karena penerbit atau pemerintah telah menjamin pembayaran kupon atau modal pokok investasi. 

Risiko Pasar

Kenaikan tingkat suku bunga akan membuat nilai ORI018 menurun, sehingga kamu akan mengalami kerugian jika menjual obligasi ritel ini pada saat itu. Untuk menghindari risiko ini, sebaiknya kamu menjualnya pada saat nilai obligasi ritel mengalami kenaikan.

Cara Investasi ORI018

cara investasi ORI018 dan keuntungannya
Source : pexels.com

Jika tertarik untuk memiliki instrumen investasi ini, kamu harus segera membelinya sebelum masa penawaran berakhir. Untuk membelinya, kamu harus melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Registrasi

Sebelum dapat memesan atau membeli ORI018, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran ini dilakukan menggunakan sistem elektronik. Untuk mengakses sistem tersebut, kamu dapat menghubungi mitra distribusi ORI018.

Beberapa data dibutuhkan dalam mengisi formulir pendaftaran, contohnya NIK dan data diri yang tercantum di KTP, nomor Rekening Dana, nomor Rekening Surat Berharga, dan nomor SID (single investor identification). SID merupakan kode khusus dan tunggal yang diterbitkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.


Calon investor yang belum pernah melakukan investasi biasanya belum memiliki ketiga rekening tersebut. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena mitra distribusi akan membantumu membuat nomor SID, nomor Rekening Dana, dan Nomor Rekening Surat Berharga.

2. Pemesanan

Jika pendaftaran telah berhasil dilakukan, kamu dapat mulai memesan ORI018. Langkah pemesanannya adalah sebagai berikut.
  • Akses portal online mitra distribusi yang kamu pilih. Totalnya terdapat 26 mitra distribusi yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya adalah BCA, BRI, Mandiri Sekuritas, Permata Bank, BNI, Bank Mandiri, BTN, CIMB Niaga, Bareksa, Modalku, Danareksa, dll.
  • Baca ketentuan yang tercantum pada Memorandum Informasi dengan teliti.
  • Siapkan SID, rekening efek, serta rekening dana.
  • Masukkan nilai ORI018 yang hendak dibeli. Pembelian bernilai Rp1.000.000,- dan kelipatannya, dengan nilai pemesanan maksimal Rp3 milyar.
  • Sistem akan memberimu kode billing dan memverifikasi pesananmu. Kode billing dan verifikasi sangat diperlukan dalam proses ini, sehingga kamu benar-benar harus yakin telah mendapatkannya.
3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi, kamu harus melakukan proses pembayaran. Setorkan dana sesuai dengan nilai SBN ORI yang dipesan. Selanjutnya, kamu akan memperoleh kode pembayaran melalui SMS atau e-mail. Pembayaran SBN ORI ini hanya dapat dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditetapkan.


4. Konfirmasi

Ketika melakukan pemesanan, pastikan bahwa kamu mendapat NTPN atau Nomor Transaksi Penerimaan Negara. Konfirmasi kepemilikan ORI018 akan diberikan setelah masa penawaran berakhir. Mitra distribusi akan menyampaikan konfirmasi tersebut pada tanggal 27 Oktober 2020 mendatang.

Dengan mengikuti cara investasi ORI018, kamu dapat mulai menginvestasikan modal yang kamu miliki dengan aman, namun tetap menguntungkan. Sekilas, cara tersebut mungkin terkesan rumit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena dengan mendatangi mitra distribusi, kamu dapat mengatasi kerumitan tersebut dengan mudah. Bagaimana sudah siap untuk investasi ORI018?

Post a comment for "Investasi ORI018, Keuntungan dan Cara Investasinya"