Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Memilih Jasa Asuransi Yang Tepat

cara memilih jasa asuransi yang tepat, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi rumah
Source : castlerockco.com

Memiliki asuransi dapat menjadikan hidup lebih tenang. Proteksi yang ditawarkan oleh asuransi dapat membuatmu merasa aman secara finansial, apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada dirimu, keluargamu, atau barang berharga yang kamu miliki. Namun, untuk memperoleh proteksi yang maksimal, sebelumnya kamu harus tahu cara memilih jasa asuransi.

Bagaimana Cara Memilih Jasa Asuransi Yang Tepat?

Memilih jasa asuransi harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar tidak mengalami kerugian finansial. Kamu pasti pernah mendengar kasus tentang nasabah asuransi yang kesulitan mencairkan klaim asuransi mereka. Oleh sebab itu, sebelum membeli produk asuransi, kamu perlu mengikuti cara memilih jasa asuransi di bawah ini agar kamu tidak ikut mengalaminya di kemudian hari.

1. Pelajari Perusahaan Asuransi

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum menentukan jasa asuransi adalah mempelajari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Kamu dapat mempelajari berbagai hal tentang mereka melalui situs resmi perusahaan asuransi tersebut.

Baca juga : Ketahui 7 Tips Sukses Bebas Finansial Sejak Dini

Dengan mempelajarinya, kamu dapat mengenal perusahaan tersebut dengan lebih baik. Dengan begitu, kamu akan mengetahui mana perusahaan yang menawarkan produk asuransi lengkap dan mana yang tidak. 

Di samping itu, kamu juga dapat mempelajari berbagai perusahaan asuransi dari berita. Melalui berita tersebut, kamu akan tahu mana perusahaan yang benar-benar kredibel dan mana yang tidak. Selain itu, kamu juga akan mengetahui mana perusahaan yang sedang mengalami masalah.

2. Pilih Jasa Asuransi yang Memiliki Reputasi yang Baik

Ketika memilih jasa asuransi, kamu akan menemukan berbagai perusahaan asuransi swasta maupun plat merah. Namun, tidak semua perusahaan itu memiliki reputasi yang baik dan kredibilitas. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu reputasi mereka terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan.

Baca juga : Inilah Investasi Modal Kecil Namun Menguntungkan

Untuk mencari tahu tentang reputasi jasa asuransi, kamu dapat mencarinya di berbagai macam media, misalnya televisi, koran, dan internet. Perusahaan yang sudah lama berdiri dan berpengalaman biasanya mempunyai reputasi yang baik. 

Meski demikian, kamu tetap perlu mencari tahu review nasabah jasa asuransi tersebut untuk mengetahui kinerja mereka yang paling baru. Dengan demikian, kamu benar-benar dapat memilih jasa asuransi yang terpercaya dan profesional.

3. Pahami Sistem Asuransi yang Ditawarkan

Dalam perusahaan asuransi, terutama menyangkut asuransi kesehatan, terdapat dua jenis sistem klaim yang diaplikasikan. Sistem yang pertama adalah sistem cashless yang tidak mengharuskan nasabah untuk mengeluarkan uang saat membayar biaya kesehatan.

Baca juga : 8 Tips Jitu Mengatur Keuangan Bulanan

Sistem yang kedua adalah sistem reimburse yang mengharuskan nasabah untuk mengeluarkan uang saat membayar biaya kesehatan. Nantinya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya kesehatan saat nasabah mengajukan klaim.

Kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sistem cashless biasanya memiliki premi yang lebih tinggi daripada sistem reimburse. Namun, sistem cashless lebih praktis dibandingkan dengan proses pengajuan klaim pada sistem reimburse.

4. Pilih Jasa Asuransi yang Memiliki Banyak Rekanan

Ketika membeli asuransi, terutama asuransi kesehatan, kamu perlu mempertimbangkan berapa banyak rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi yang akan dipilih. Rekanan ini berupa rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Baca juga : Fungsi NPWP dan Cara Mendapatkannya

Semakin banyak rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi semakin baik. Dengan demikian, nasabah dapat dengan mudah menemukan fasilitas kesehatan saat mereka membutuhkannya. Oleh karena itu, sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak rekanan.

5. Pertimbangkan Produk Asuransi Apa Saja yang Dibutuhkan

Sebelum menjatuhkan pilihan jasa asuransi, sebaiknya mempertimbangkan produk asuransi apa yang kamu butuhkan. Kamu mungkin tidak hanya membutuhkan asuransi kesehatan, namun juga asuransi lainnya, misalnya asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi jiwa, dan asuransi pendidikan.

Baca juga : Sanksi Terlambat Lapor SPT Tahunan

Setelah mempertimbangkan produk asuransi yang dibutuhkan, kamu dapat memilih jasa asuransi yang menawarkan produk tersebut. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan siapa saja dan apa saja yang tercover dalam produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini. Dengan begitu, kamu dan keluargamu memperoleh proteksi yang maksimal.

6. Lakukan Perbandingan Premi

Setiap perusahaan asuransi tentu saja menawarkan premi dengan nilai yang tidak sama. Beberapa perusahaan tersebut menawarkan premi yang terjangkau dan yang lain menawarkan premi yang lebih tinggi.

Baca juga : Daftar NPWP Online Pastikan Data Ini Valid

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perbandingan premi sebelum menentukan pilihan jasa asuransi. Sehingga, kamu dapat memperoleh proteksi asuransi dengan harga yang sebanding. Meski demikian, kamu juga tetap harus memperhatikan coverage yang ditawarkan ketika membandingkan premi tersebut.

7. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansialmu

Pembelian produk asuransi merupakan sebuah komitmen jangka panjang karena kamu harus membayar premi setiap bulan hingga batas waktu tertentu, misalnya 10 tahun. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan kemampuan finansialmu ketika memilih produk asuransi yang ditawarkan jasa asuransi.

Jika memiliki penghasilan dalam jumlah yang besar dan tetap, tentu kamu dapat dengan leluasa memilih produk asuransi dengan premi tinggi dan coverage lengkap. Dengan begitu, kamu dan keluargamu akan memperoleh perlindungan maksimal.

Baca juga : Cara Bayar Denda Pajak STP

Namun, jika memiliki pemasukan yang terbatas, maka sebaiknya memilih produk asuransi yang menawarkan proteksi mendasar. Kamu dan keluarga tetap memperoleh perlindungan tanpa membuat kondisi keuanganmu terganggu.

8. Baca Isi Polis Dengan Seksama

Polis asuransi cenderung ditulis dalam bahasa hukum dan panjangnya berhalaman-halaman, sehingga kemungkinan besar kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk memahaminya. Namun, kamu harus tetap berusaha memahami isi polis dengan baik agar tahu apa yang dapat diharapkan dari produk asuransi yang dibeli. 

Jika mengalami kesulitan dalam memahami isi polis, kamu dapat meminta bantuan pihak ke-3, atau broker. Dengan bantuan broker, kamu tidak akan kesulitan dalam memahami isi polis secara mendetail, sehingga dapat membuat keputusan dengan tepat.

Baca juga : Bayar Pajak Mudah Lewat Tokopedia

Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam 8 cara memilih jasa asuransi yang tepat seperti di atas, kamu pasti tidak akan mengalami masalah dalam membeli produk asuransi. Selain itu, kamu juga pasti tidak akan tertipu oleh perusahaan asuransi yang tidak profesional dalam melayani nasabahnya.

Post a comment for "8 Cara Memilih Jasa Asuransi Yang Tepat"