Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Error Saat Registrasi DJP Online

Solusi Error Saat Registrasi DJP Online. Solusi error DJP Online, e-filing, e-billing, dan e-form

Untuk dapat memanfaatkan layanan pajak online, wajib pajak harus memiliki akun atau terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online/layanan pajak online pihak lain yang telah ditunjuk oleh DJP. 

Layanan pajak online adalah sistem elektronik yang disediakan oleh DJP atau pihak yang lain yang ditunjuk oleh DJP yang digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik dengan DJP meliputi DJP Online dan Penyedia Layanan Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik.

Salah satu layanan pajak online yang dimiliki DJP adalah DJP Online. Anda dapat mengakses DJP Online di laman djponline.pajak.go.id.

Baca juga : Daftar Mitra Baru Yang Ditunjuk DJP

Pada DJP Online, anda dapat menikmati beberapa layanan yang telah disediakan oleh DJP mulai dari e-filing, e-form, e-billing, e-bupot, e-reporting, e-PHTB, e-SKD, e-objection, KSWP, dan Rumah Konfirmasi Dokumen.

Banyaknya layanan yang telah disediakan di DJP Online, maka sangat disarankan setiap wajib pajak dapat akses DJP Online.

Seperti penjelasan di atas, untuk dapat akses DJP Online anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Lakukan registrasi dengan klik "Belum registrasi?". Kemudian masukkan NPWP, EFIN, dan kode keamanan.

Baca juga : Download Formulir EFIN

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP. Untuk mendapatkan EFIN anda harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN. Aktivasi EFIN dapat dilakukan secara online.

Saat melakukan registrasi DJP Online, ada beberapa wajib pajak yang mengalami error. Apabila anda mengalami error yang sama, berikut katalog error saat registrasi DJP Online beserta solusinya.

Kode Error DJP Online

Baca juga : Cara Aktivasi EFIN Pajak Secara Online

1. error REG010 : Email sudah digunakan

Muncul error ini karena email yang anda gunakan saat akan registrasi DJP Online sudah terdaftar pada layanan DJP Online. Solusi yang dapat anda lakukan adalah gunakan alamat email lainnya.

2. error REG011 : Kode Keamanan tidak sesuai

Pastikan anda memasukkan kode keamanan atau captcha secara benar. Cek besar kecilnya huruf. Apabila terlihat kurang jelas, anda dapat mengganti kode keamanan/captcha dengan klik pada gambar.

Baca juga : Cara Cepat Cek EFIN PKP

3. error REG013 : Registrasi user tidak berhasil dilakukan

Silahkan anda coba kembali lakukan registrasi. Sebelum mencoba lagi, cobalah untuk clear cached dan cookies pada browser dengan tekan tombol CTRL + Shift + delete bersamaan.

4. error REG026 : Nomor handphone sudah digunakan di DJP Online

Penyebabnya sudah jelas bahwa nomor handphone yang anda masukkan sudah digunakan. Silahkan anda gunakan nomor handphone lainnya untuk melakukan registrasi. Pastikan nomor handphone tersebut dapat menerima SMS, agar dapat menerima kode verifikasi nantinya.

Baca juga : Cara Hidupkan Mode Incognito Pada DJPOnline

5. error REG027 : Nomor handphone sudah digunakan di sistem yang terintegrasi dengan DJP Online

Penyebabnya sudah jelas seperti diatas. Silahkan anda ganti nomor handphone untuk melakukan registrasi.

6. error REG031 : EFIN Tidak Sesuai

Bisa jadi EFIN yang anda masukkan salah. Cek dahulu EFIN yang anda masukkan. Apabila memang benar tetapi masih saja muncul error silahkan menghubungi KPP tempat anda terdaftar atau kring pajak 1500200.

Baca juga : e-Filing Error ERR099 Proses Tidak Berhasil Dilakukan

7. error - User sudah terdaftar

Error ini muncul karena anda telah terdaftar di DJP Online. Silahkan lakukan reset password dengan klik lupa kata sandi di halaman login DJP Online. Anda juga dapat mengubah alamat email.

8. error - User belum aktif

Anda belum melakukan aktivasi menggunakan link yang telah dikirimk ke alamat email. Silahkan cek inbox, spam, pada email anda. Apabila tidak ada juga, anda dapat meminta link aktivasi. Klik belum menerima link aktivasi pada halaman login DJP Online.

Post a comment for "Solusi Error Saat Registrasi DJP Online"