Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Lupa Password Enofa Online


Implementasi e-faktur 3.0 secara nasional telah dilaksanakan sejak 01 Oktober 2020. Bagi anda yang masih menggunakan aplikasi e-faktur versi 2.2 (lama), segera lakukan update e-faktur agar anda dapat menggunakan fitur-fitur baru yang ada di e-faktur 3.0.

Sebagaimana telah diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bahwa aplikasi e-faktur 3.0 setidaknya ada 4 fitur baru yaitu prepopulated pajak masukan, prepopulated Pemberitahuan Impor Barang (PIB), prepopulated SPT, sinkronisasi kode cap fasilitas.


Selain adanya fitur-fitur baru pada aplikasi e-faktur 3.0, PKP diwajibkan lapor SPT Masa PPN mulai Masa September 2020 melalui e-faktur web based, web-efaktur.pajak.go.id. Anda tidak diperkanankan lagi lapor SPT Masa PPN melalui laman DJP Online (upload CSV) atau saluran lainnya.

Apabila anda ingin melakukan pembetulan SPT Masa PPN sebelum masa September 2020, anda dapat melakukan pembetulan SPT Masa PPN melalui laman DJP Online. Posting SPT Masa PPN pembetulan melalui e-faktur 3.0, lalu buat file CSV dan upload di DJP Online.


Untuk mengakses e-faktur web based, salah satu syarat yang harus anda miliki adalah password akun PKP atau password enofa online. Lalu bagaiamana jika lupa password enofa online?

Anda dapat mendapatkan ulang password enofa online dengan cek email pada saat anda mendaftarkan akun PKP. Artinya, anda harus cek inbox email dengan nama pengirim efaktur@pajak.go.id.

Apabila anda tidak mendapatkan password enofa melalui email, masih ada cara yang dapat anda lakukan secara langsung melalui laman efaktur.pajak.go.id. Pada laman login, klik saja Lupa Password.


Setelah klik Lupa Password, anda akan diminta untuk memasukkan NPWP, Kode Aktivasi, dan alamat email. Pastikan data yang anda masukkan benar dan lengkap. Klik Resend Password, pihak DJP akan mengirimkan password enofa ke alamat email yang telah anda masukkan.

Oleh karena itu pastikan alamat email yang anda masukkan adalah alamat email yang benar-benar valid sehingga dapat menerima pesan dari DJP berupa password enofa.


Kedua cara di atas belum membuahkan hasil, anda dapat melakukan pilihan terakhir dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat anda dikukuhkan sebagai PKPuntuk mengajukan ulang password enofa. Atau menghubungi kring pajak di 1500200 untuk meminta bantuan

Post a comment for "Solusi Lupa Password Enofa Online"